Inilah Gejala Penyakit Hipertensi Yang Perlu Anda Tahu

Ngopo.com - Hipertensi tidak hanya terjadi pada orang tua saja, tetapi banyak juga orang yang masih berusia muda sudah terkena penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi), oleh karena itu kenalilah gejala-gejalanya agar Anda bisa mewaspadainya dan bisa mengatur pola hidup menjadi lebih sehat. Sebelum tekanan darah dalam tubuh kita meningkat, ada beberapa gejala perlu anda ketahui. Di antaranya, sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan, dan kelelahan. Semua itu bisa terjadi baik pada penderita hipertensi, maupun pada seseorang dengan tekanan darah yang normal.


Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Balitbangkes tahun 2007 menunjukkan penderita hipertensi di Indonesia mencapai 31,7%.  Dari semua penderita hipertensi di Indonesia, hanya 25% saja yang terdiagnosis. Ini berarti 3 dari 4 orang yang mengidap tekanan darah tinggi, tidak tahu bahwa mereka mempunyai kondisi tersebut. Lebih bahayanya lagi, kurang dari 1% pengidap hipertensi mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Hal ini membuat hipertensi sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Jika hanya dibiarkan saja, tekanan darah tinggi akan meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit lain seperti serangan jantung atau stroke. Gejala pada hipertensi baru akan muncul jika tekanan darah sangat tinggi. Jika hipertensinya berat atau menahun dan tidak diobati, maka bisa timbul gejalanya, berikut ini gejala hipertensi yang perlu Anda ketahui :

  1. Sakit kepala. 
  2. Kelelahan. 
  3. Mual. 
  4. Muntah. 
  5. Sesak napas. 
  6. Gelisah. 
  7. Pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung, dan ginjal. 
Sedangkan pada anak, gejalanya anak mudah gelisah, cepat lelah, sesak napas, susah minum dan biru di tangan dan bibir. Itulah gejala penyakit hipertensi yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : 
Inilah Klasifikasi Penyakit Hipertensi (Darah Tinggi)
Beginilah Proses Terjadinya Hipertensi (Darah Tinggi)
Pengertian Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi
Ternyata Hal-hal Ini Dapat Mempercepat Proses Penuaan
Pahami Apa Itu Hipertensi, Agar Kamu Bisa Mengantisipasi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top