Inilah Makanan Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Harus Kamu Hindari

Ngopo.com - Faktor gizi yang sangat berhubungan dengan terjadinya hipertensi melalui beberapa mekanisme. Aterosklerosis merupakan penyebab utama terjadinya hipertensi yang berhubungan dengan diet seseorang, walaupun faktor usia juga berperan,karena pada usia lanjut pembuluh darah cenderung menjadi kaku dan elastisitasnya berkurang.


Dalam mengatur menu makanan sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi untuk menghindari dan membatasi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah serta meningkatkan tekanan darah,sehingga penderita tidak mengalami stroke atau serangan jantung.

Makanan Penyebab Hipertensi yang harus dihindari atau dibatasi adalah:

1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak,ginjal,paru,minyak kelapa,gajih,dan lainnya).

2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biskuit,cracker,keripik,dan makanan kering yang asin).

3. Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden,sosis,korned,sayuran,buah-buahan dalam kaleng,soft drink,dan lainnya).

4. Makanan yang diawetkan (dendeng,asinan sayur/buah,abon,ikan asin,pindang,udang kering,telur asin,selai kacang,dan lainnya).

5. Susu full cream,mentega,margarin,keju mayonnaise,serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing),kuning telur,dan kulit ayam.

6. Bumbu-bumbu seperti kecap,maggi,terasi,saus tomat,saus sambal,tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya garam natrium.

7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian,dan tape. Zat gizi yang diperlukan pada penderita hipertensi adalah karbohidrat,protein,dan lemak yang disebut sebagai zat gizi makro serta vitamin dan mineral yang disebut dengan zat gizi mikro.Selain itu,untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh diperlukan air dan serat.

Tubuh manusia membutuhkan aneka ragam makanan untuk memenuhi semua zat gizi tersebut. Kekurangan atau kelebihan salah satu unsur zat gizi akan menyebabkan kelainan atau penyakit. Oleh karena itu,perlu diterapkan kebiasaan makanan yang seimbang sejak usia dini dengan jumlah yang sesuai kebutuhan masing-masing individu agar tercapai kondisi kesehatan yang prima.

Faktor risiko hipertensi,beberapa di antaranya dapat dikendalikan atau dikontrol dan tidak dapat dikontrol,di antaranya:

1. Faktor risiko yang dapat dikendalikan atau dikontrol yaitu obesitas,kurang olahraga,merokok,menderita diabetes mellitus,mengkonsumsi garam berlebih,minum alkohol,diet,minum kopi,pil KB,stres emosional,dan sebagainya.

2. Faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan atau tidak dapat dikontrol yaitu umur,jenis kelamin,dan genetik.

Demikianlah makanan-makanan yang bisa memicu penyakit hipertensi yang perlu Anda ketahui dan perlu dihindari.

Baca juga : 
Inilah Faktor Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Perlu Kamu Ketahui
Inilah Gejala Penyakit Hipertensi Yang Perlu Anda Tahu
Inilah Klasifikasi Penyakit Hipertensi (Darah Tinggi)
Beginilah Proses Terjadinya Hipertensi (Darah Tinggi)
Pengertian Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top