Ternyata, Buah Belimbing Manis Bisa Dijadikan Obat Darah Tinggi

Ngopo.comManfaat buah belimbing manis salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Belimbing Manis dalam bahasa latin disebut Averhoa carambola. Siapa yang tidak kenal buah Belimbing? Tentu saja buah yang satu ini tidak asing lagi bagi anda.Di Indonesia dikenal dua jenis Belimbing, yaitu Belimbing buah yang manis rasanya, dan Belimbing sayur atau Belimbing wuluh yang asam.Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi Belimbing adalah kota Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuranbesar, warnanya kuning cerah dan rasanya manis.


Saat ini, Belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia.Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawai.

Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai lima meter. Tidak seperti tanaman tropis lainnya, pohon Belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon Belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.

Buah Belimbing berwarna kuning kehijauan.Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hiaju.Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna cokelat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis, dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

Kandungan kimia buah Belimbing manis

Belimbing memiliki kandungan energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serat, dan air.Selain itu, Belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. Buah Belimbing menempati posisi juru kunci dibandingkan dengan  buah-buahan lainnya karena kalorinya yang rendah cocok untuk bagi penggemar buah-buahan yang kelebihan berat badan.

Menurut beberapa sumber kesehatan, bahwa buah Belimbing memang bisa menurunkan hipertensi tingkat ringan.Bila hipertensinya sudah cukup berat, maka buah Belimbing bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti daun seledri, bawang putih, atau mentimun.

Khasiat buah Belimbing manis

Pada umumnya Belimbing yang disukai adalah Belimbing ber-ukuran besar, berwarna menarik, berserat halus, dan memiliki rasa yang manis menyegarkan.Belimbing tergolong buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Bahkan, Belimbing mampu mencegah timbulnya penyakit hepatitis.

Buah ini merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, sebagai antioksidan tangguh dalam emerangi radikal bebas. Buah ini pun mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari sariawan.Adapun kandungan pektin pada dinding sel Belimbing mampu mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pengeluarannya.

Ramuan untuk hipertensi

Untuk membuat ramuan atau resep dari bahan Belimbing, anda bisa melakukan langkah sebagai berikut:

1. Ambil segenggam daun Belimbing, satu sendok makan air jeruk, dan setengah sendok makan madu.Tumbuk hingga halus daun Belimbing lalu peras dan ambil satu sendok makan.Tambahkan air jeruk Nipis dan madu, aduk rata dan saring.Minum dua kali sehari, pagi dan sore.

2. Ambil dua buah Belimbing yang masih muda, lalu parut dan peras. Minum setiap hari.

3. Dan anda bisa membuat jus dari buah Belimbing.Yaitu buah Belimbing dipotong-potong (100 gram), air jeruk Nipis tiga sendok makan, air matang 1/2 gelas, es serut halus 3/4 gelas.Cara membuatnya, campur semua bahan tadi, lalu diblender.

Itulah manfaat buah belimbing manis yang bisa Anda gunakan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:
Manfaat Buah Alpukat Sebagai Obat Darah Tinggi
Obat Herbal Untuk penderita Darah Tinggi (Hipertensi)
Inilah Makanan Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Harus Kamu Hindari
Inilah Faktor Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Perlu Kamu Ketahui
Inilah Gejala Penyakit Hipertensi Yang Perlu Anda Tahu

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top