Inilah Manfaat Buah Buni Sebagai Obat Darah Tinggi

Ngopo.comManfaat buah Buni sangat banyak, untuk mencegah penyakit kolesterol, darah tinggi, kanker, sipilis, menjaga kesehatan mata, baik untuk peremajaan kulit, dan lain-lain. Namun kali ini kita akan membahas manfaat buah buni sebagai obat darah tinggi.

Buah buni dalam bahasa latin disebut dengan Antidesma bunius [L.] Spreng. Pohon Buni tingginya bisa mencapai 15-30 m. Pohon berbatang sedang ini tersebar di Asia Tenggara dan Australia, di pulau Jawa tumbuh liar di hutan atau ditanam di halaman. Daun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat telur sungsang sampai lanset, panjang 9-25 cm, tepi rata agak bergelombang, ujungnya meruncing, dan tumpul pada pangkalnya. Daun muda warnanya hijau muda setelah tua menjadi hijau tua. Buni berumah dua, bunga dalam tandan, keluar dari ketiak daun atau di ujung percabangan.


Buahnya kecil-kecil panjang sekitar 1 cm, bentuknya elips berwarna hijau, bila masak menjadi ungu kehitaman dan rasanya manis sedikit asam. Biji pipih dengan rusuk berbentuk jala. Daun muda rasanya sedikit asam, dapat disayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. Buah muda dirujak dengan buah lain, sedang yang masak dapat dimakan langsung, diekstrak dengan brandi, dibuat selai atau sirop. Daunnya oleh pembuat jamu disebut mojar, biasa dipakai untuk campuran ramuan jamu kesehatan. Pengembangbiakan dengan biji atau okulasi.

Kandungan kimia buah Buni

Buni berasa asam. Kulit batang rasanya sepat, mengandung sedikit alkaloida yang beracun. Dan daunnya sendiri mengandung Friedelin.

Khasiat buah Buni

Buni bisa mengatasi kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung berdebar, batuk, gangguan pencernaan, sifilis, dan kencing nanah.

Ramuan untuk hipertensi

Ambil buah Buni yang telah masak sebanyak 30 butir dicuci bersih. Kunyah sampai halus, bijinya dibuang dan daging buahnya ditelan. Segera minum air hangat satu cangkir. Lakukan 2-3 kali sehari.

Itulah manfaat buah buni bagi kesehatan, terutama untuk obat hipertensi.

Baca juga:
Manfaat Jambu Biji Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Wortel Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Labu Siam Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Mindi Kecil Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Ketepeng Cina Sebagai Obat Darah Tinggi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top