Ternyata Ciplukan Bisa dijadikan Sebagai Obat Darah Tinggi

Ngopo.comManfaat ciplukan sangat luar biasa, namun banyak orang yang tidak tahu, selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional ini, dan hanya sekedar memakan buahnya yang manis saja tanpa tahu khasiat mujarab dari ciplukan yang banyak kita jumpai disekitar kita ini. Salah satu manfaat ciplukan ini adalah sebagai obat darah tinggi yang mujarab.

Ciplukan atau dalam bahasa latin disebut dengan physalis angulata L. adalah tumbuhan herbal anual (tahunan) dengan tinggi 0, 1-1 m. Batang pokonya tidak jelas, percabangan menggarpu, bersegi tajam, berusuk, berongga, bagian yang hijau berambut pendek atau boleh dikatakan gundul. Daunnya tunggal, bertangkai, bagian bawah tersebar, di atas berpasangan, helaian berbentuk bulat telur-bulat memanjang-lanset dengan ujung runcing, ujung tidak sama (runcing-tumpul-membulat-meruncing), bertepi rata atau bergelombang-bergigi, 5-15x2, 5-10, 5 cm.


Bunga tunggal, di ujung atau ketiak daun, simetri banyak, tangkai bunga tegak dengan ujung yang mengangguk, langsing, lembayung, 8-23 mm, kemudian tumbuh sampai 3 cm. Kelopak berbentuk genta, 5 cuping runcing, berbagi, hijau dengan rusuk yang lembayung. Mahkota berbentuk lonceng lebar, tinggi 6-10 mm, kuning terang dengan noda-noda cokelat atau kuning cokelat, di bawah tiap noda terdapat kelompokan rambut-rambut pendek yang berbentuk V. Tangkai benang sarinya kuning pucat, kepala sari seluruhnya berwarna biru muda. Putik gundul, kepala putik berbentuk tombol, bakal buah dua daun buah, dan banyak bakal biji. Buah Ciplukan berbentuk telur, panjangnya sampai 14 mm, hijau sampai kuning jika masak, berurat lembayung, memiliki kelopak buah.

Sejak lama, Ciplukan sebenarnya telah diteliti oleh para ahli dari berbagai negara. Penelitian tersebut biasanya terfokus pada aktivitas yang dimiliki oleh Ciplukan. Dari penelitian yang telah dilakukan, baik secara in vitro maupun in vivo, didapatkan informasi bahwa Ciplukan memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinmflamasi, antioksidan, dan sitotoksik.

Kandungan kimia Ciplukan

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam Ciplukan antara lain, saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:

1. Biji: 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam strearat.
2. Akar: Alkaloid.
3. Daun: Glikosida flavonoid (luteolin).
4. Tunas: Flavonoid dan saponin.

Khasiat Ciplukan

Akar tumbuhan Ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah Ciplukan sendiri sering dimakan untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

Ramuan untuk hipertensi

Ambillah 5 gram Ciplukan kering dan masukkan ke dalam air 250 ml (2 gelas). Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk. Selanjutnya, saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan diminum dua kali pagi-sore.

Demikian itu manfaat dan khasiat ciplukan bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca juga: 
Manfaat Buah Buni Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Jambu Biji Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Wortel Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Labu Siam Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Mindi Kecil Sebagai Obat Darah Tinggi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top