Manfaat Ketepeng Cina Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Ngopo.comKetepeng Cina mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi. Ketepeng Cina bahasa latinya adalah Cassia alata. Ketepeng Cina merupakan jenis perdu yang besar dan banyak tumbuh secara liar di tempa-tempat yang lembab. Kini tumbuhan ini sering dipelihara sebagai perindang halaman rumah. Ketepeng Cina atau sering disebut sebagai ketepeng kebo (Jawa) seven golden candlestik (Inggris), ketepeng badak (Sunda), acon-aconan (Madura), sajamera (Halmahera), kupang-kupang (Ternate), tabankun (Tidore), daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru'kap (Sumatera).


Bunga Ketepeng Cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna cokelat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam. Batangnya lurus, pangkal batang berkayu, banyak bercabang, daerah ujung batang berambut jarang. Daun letak berseling, berupa daun majemuk menyirip ganda terdiri dari tiga pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang, panjang 2-3 cm, lebar 1 1/2-3 cm ujung agak membulat dan pangkal daun melancip, warna hiaju, permukaan bawah daun berambut halus. Tanaman perdu ini berasal dari Amerika tropik dan menyukai tempat terbuka atau agak teduh dapat tumbuh di dataran rendah sampai 800 m di atas permukaan laut.

Kandungan Kimia Ketepeng Cina

Ketepeng Cina memiliki rasa pedas dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman ini di antaranya, tannin, rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein aloe-emodina, dan asam krisofanat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh Ketepeng Cina di antaranya sebagai pencahar, obat cacing, penghilang gatal-gatal, dan obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Khasiat Buah Ketepeng Cina

Ketepeng Cina berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Di antaranya:

1. Radang mata merah, luka kornea (ulcus cornea), rabun senja, glaucoma.
2. Tekanan darah tinggi.
3. Hepatitis, cirrhosis, ascites (perut busung air)
4. Sulit buang air besar (habitual constipation).

Ramuan Ketepeng Cina Untuk Hipertensi

Untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi, ambillah 15 gram biji Ketepeng lalu digongseng (goreng tanpa minyak) sampai kuning, kemudian digiling sampai terasa kesat, ditambah gula secukupnya, seduh dengan air panas atau direbus, minum sebagai pengganti teh.

Itulah salah satu manfaat ketepeng cina yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga:
Manfaat Mentimun Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Buah Pepaya Sebagai Obat Darah Tinggi
Khasiat Buah Murbei Sebagai Obat Darah Tinggi.
Manfaat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Darah Tinggi.


Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top