Ternyata, Wortel Bisa Dijadikan Sebagai Obat Darah Tinggi

Ngopo.comManfaat wortel sangat banyak, salah satunya adalah sebagai obat hipertensi atau darah tinggi. Wortel ini dalam bahasa latinnya disebut dengan Daucus carota, Linn.

Wortel termasuk sayur-sayuran paling tua yang dikenal manusia. Manusia mulai mengkonsumsi Wortel setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat Wortel ini. Informasi mengenai manfaat Wortel itu didapat di dalam buku-buku yang telah ditulis sejak 130 tahun sebelum masehi.

Wortel dikategorikan sebagai alat kecantikan yang utama, karena ia kaya akan vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan dan kemulusan kulit, karenanya ia termasuk jenis sayuran alami yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit. Sebagaimana disampaikan oleh para ahli kecantikan, mengkonsumsi jus (sari buah) Wortel yang segar secara teratur akan memberikan pengaruh yang besar, seperti mencegah timbulnya bintik dan noda hitam pada kulit, serta dapat memperindah warna kulit yang secara umum terlihat lebih bersih. Manfaat Wortel tidak hanya untuk kulit saja, tapi juga untuk nutrisi rambut dan mata, karena kedua organ ini sangat membutuhkan vitamin A.


Namun untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal, anda harus jeli dalam  memilihnya. Pilihlah Wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan, Wortel tersebut tidak terlalu tua dan segar. Selain bisa menghaluskan kulit, ia juga berkhasiat untuk hal lainnya, seperti mengatasi hipertensi, mengobati luka bakar, menyembuhkan batuk, meredakan nyeri haid, dan menyembuhkan sembelit.

Kandungan vitamin buah Wortel

Wortel mempunyai nilai kandungan vitamin A yang tinggi, yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1, 2 gram, lemak 0, 3 gram, hidrat arang 9, 3 gram, kalsium 39 mlgm, fosfor 37 mlgm, vitamin B1 0, 06 mlgm, dan vitamin C 6 mlgm. Komposisi di atas diukur per 100 gram.

Khasiat buah Wortel

1. Mengatasi hipertensi. Ambil 500 gram Wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air Wortel ini tiga kali dalam sehari.

2. Mengatasi demam pada anak. Ambil 200 gram Wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

3. Mengatasi luka bakar. Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

4. Menyembuhkan batuk. Sebatang Wortel dibersihkan dan diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula Aren, aduk sampai rata. Minum dua kali dalam sehari.

5. Mengatasi nyeri haid. 250 gram Wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu diblender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Mengatasi sembelit. Ambil dua Wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan dua sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya dua kali sehari.

7. Menghaluskan wajah. Ambil 2-3 Wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Ramuan untuk hipertensi

Ambil 500 gram Wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minumsegera. Usahakan untuk rutin meminum air Wortel ini tiga kali dalam sehari.

Demikian manfaat dari buah wortel yang banyak kita jumpai sehari-hari, semoga dengan artikel ini bisa menambah khazanah ilmu kita.

Baca juga: 
Manfaat Labu Siam Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Mindi Kecil Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Ketepeng Cina Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Mentimun Sebagai Obat Darah Tinggi
Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Darah Tinggi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top