Inilah Khasiat Bunga Matahari Yang Perlu Kamu Ketahui

Ngopo.com - Bunga Matahari (Helianthus annuus linn) selain jadi cemilan, bisa juga digunakan sebagai obat darah tinggi. Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm).

Bunga ini sebetulnya adalah bunga mejemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana matahari". Namun demikian, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.


Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga mejemuk mengikuti pergerakan harian matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja:

1. Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.

2. Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.

3. Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga.

4. Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

Kandungan kimia bunga Matahari

Bunga Mtahari berasa lembut, dan netral. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside A, B, C, oleanolic acid, echinocystic acid. Bijinya mengandung beta-sitosterol, prostaglandin E, echlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3, 4-benzopyrene. Dalam 100 gram minyak biji bunga Matahari terkandung lemak total: 100, lemak jenuh: 9, 8. Lemak tidak jenuh: Oleat 11. 7, linoleat 72. 9, dan kolesterol.

Khasiat Bunga Matahari

Bunga Matahri dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri (analgetik). Bijinya berkhasiat sebagai anti disentri, merangsang pengeluaran cairan tubuh (hormon, enzim, dan lainnya), merangsang pengeluaran campak (measles). Untuk daunnya sebagai antiradang, mengurangi rasa nyeri, dan antimalaria. Akarnya berkhasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan menghilangkan nyeri. Sumsum dari batang dan dasar bunga berkhasiat untuk merangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, dan menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kecil.

Ramuan untuk Hipertensi

Siapkan bunga Matahari 30-90 gram, dasar bunga (receptaculum) 30-90 gram, dan sumsum dari batang 15-30 gram. Kemudian semua bahan ini, direbus bersama akar sebanyak 15-30 gram.

Catatan: Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose, yang menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna (tractus digestivus).

Perhatian: Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga Matahari ini.

Baca juga:
Inilah Khasiat Bunga Tasbih Bagi Penderita Darah Tinggi
Khasiat Bunga Teratai Kerdil Untuk Obat Darah Tinggi
Khasiat Bunga Teratai Untuk Obat Darah Tinggi
Khasiat Tapak Dara Untuk Obat Darah Tinggi.
Manfaat Manggis Sebagai Obat Darah Tinggi

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top