Inilah 6 Tips Sederhana Agar Kamu Mudah Mengingat Nama Seseorang

Sobat ngopo, pernah kamu mengalami kesulitan mengingat nama sesorang?. Tentu pernah ya? pada dasarnya kita memang lebih mudah mengingat wajah ketimbang nama seseorang. Apalagi jika orang tersebut baru kita kenal atau seseorang yang jarang kita temui.


Terlalu banyak orang yang kita temui sehingga membuat kita lupa dengan nama mereka. Kondisi ini bisa menjadi sangat memalukan jika tiba-tiba terjadi pada kita di muka umum atau lingkungan kerja. Oleh karena itu, agar kamu terhindar dari kejadian seperti itu, tak ada salahnya kamu mencoba tips berikut yang dilansir dari laman Prevention :

1. Jangan cemas

Saat berkenalan dengan orang jangan pernah ungkapkan dalam hati 'Aku punya masalah mengingat nama orang. Aku tak akan ingat namanya'. Itu merupakan tanda kecemasan yang dapat mengganggu memori dan hal tersebut malah menyulitkan otak untuk menyimpan nama orang tersebut dalam ingatan kamu seperti dituturkan pelatih memori, John Keith.

2. Asosiasikan dengan lingkungan sekitar

Ketika bertemu pertama kali dengan seseorang, coba ambil hal-hal menarik secara visual di sekitar. Misal, warna dinding merah menyala atau langit mendung. "Isyarat visual seperti ini akan membantu menyimpan ingatan dalam jangka panjang," tutur Ketih.

3. Dengarkan baik-baik namanya

"Saya yakin ada banyak orang yang tidak mendengar secara akurat nama yang pertama kali mereka dengar," terang Keith. Misalnya dalam sebuah acara ramai penuh orang berbicara. Pastikan kamu tahu namanya dengan jelas.

4. Eja namanya

Tak masalah bila kamu tak yakin betul namanya kemudian minta ia mengeja nama panggilannya seperti dituturkan Direktur UCLA Longevity Center, Garry Small. "Jika namanya sulit, coba ketikkan namanya di ponsel kamu," tambahnya lagi.

5. Cari ciri khasnya

Saat pertama kali bertemu dengan seseorang kemudian berkenalan, pastikan kamu melihat wajahnya baik-baik untuk menemukan ciri khasnya. Misalnya letak tahi lalat, rambut keriting atau lurus, atau cara senyumnya. Hal-hal seperti ini mempermudah kamu untuk mengingat nama seseorang.

6. Ulangi terus namanya

Saat sudah mengetahui namanya dengan pasti ulangi beberapa kali dalam menyebut namanya. Selipkan saja dalam perbincangan kamu. "Wah, proyek pembangunan gedung ini apa terlibat juga, Mas Adit," misalnya.

Itulah 6 tips sederhana yang bisa kamu coba agar mudah mengingat nama seseorang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya sobat ngopo!

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top