Inilah Asal Usul Kantong Kecil Yang Menyelip Pada Celana Jeans

Sobat ngopo, tahukah kamu apa fungsi kantong kecil yang ada pada celana jeans? Bagaimana sejarahnya kok kantong kecil itu bisa ada disana? Celana jeans kini menjadi pakaian yang paling tren, yang digunakan oleh berbagai kalangan. Celana jeans pada umumnya memiliki 5 kantong. 2 di belakang serta 3 di depan, yakni satu di kiri dan dua di kanan. Salah satunya, kantong berukuran kecil yang berlokasi di bawah lingkar pinggang. Namun, pernahkah Kamu berfikir, apa sebenarnya kegunaan kantong kecil dibagian depan celana jeans tersebut?


Celana Jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada tahun 1560-an. Celana ini pada mulanya biasa dipakai oleh angkatan laut. Orang-orang Perancis biasa menyebutnya dengan “bleu de Génes“, yang berarti biru Genoa, meskipun pertama kali diproduksi dan dipakai di Eropa, akan tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss, pria yang mencoba mencari peruntungan ke San Francisco sebagai pedagang pakaian.

Pada saat itu, AS sedang dilanda demam emas. Sampai di California semua barang dagangan Levi Strauss habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Akhirnya, Levi Strauss punya ide untuk membuat celana dengan bahan kain kanvas tersebut. Kain ini dipotongnya dan dibuat menjadi beberapa celana dan dijual kepada para pekerja tambang emas. Rupanya mereka sangat menyukainya karena tahan lama dan tak mudah robek. Kemudian, Levi Strauss menyempurnakan jeansnya dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut “Genes”, yang oleh Strauss diubah menjadi “Blue Jeans“.

Akhirnya, karena para penambang emas menyukai jeans tersebut, mereka menjadikan celana tersebut sebagai celana resmi mereka. Para penambang menyebut celana Strauss dengan sebutan “those pants of Levi`s” atau “Celana Si Levi”. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang celana jeans pertama kali di dunia.

Karena naluri bisnis Levi Strauss yang tajam, akhirnya ia mengajak pengusaha Jakob Davis untuk bekerja sama. Baru, pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama diberi merk “Levi’s 501“.

Karena celana itu diperuntukkan bagi para penambang, maka dibuatlah saku kecil yang dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Tapi uniknya, meski saat ini jeans diproduksi dalam berbagai merk dan tidak hanya untuk para penambang, nyatanya saku itu tetap ada, bukan?

Nah sobat ngopo, begitulah asal usul mengapa celana jeans ada kantong kecilnya. Tapi tunggu dulu sobat ngopo, Selain cerita di atas, ternyata ada cerita lain dibalik kantong kecil tersebut. Sebagaimana dilansir laman Independent. Begini informasinya, berangkat dari rasa penasaran kenapa ada kantong kecil di celana jeans, forum Quora yang berisi pakar tekstil serta denim, berusaha menjawab rasa penasaran masyarakat. Salah satu moderator forum, Renata Janoskova mengutip pencipta brand denim ikonik Amerika Serikat, Levi Strauss, tentang guna kantong tersebut. Menurut Strauss, kantong kecil itu sebenarnya berguna untuk menyimpan jam saku.

“Di era awal terciptanya jeans, orang masih menggunakan jam saku. Dan kantong itu, sengaja dibuat untuk menyimpan jam tersebut,” tulis Janoskova.

Tetapi, bukan sembarang jam saku. Jam yang dimaksud adalah penunjuk waktu yang sering digunakan para koboi, pengguna jeans terbanyak di era tersebut.

“Di tahun 1800, para koboi menggantungkan jam mereka di rantai lalu menyelipkannya di ban pinggang. Agar jam tersebut tetap aman, Levi Strauss memperkenalkan kantong kecil,” jelas Janoskova.

Nah begitulah ceritanya, ternyata ada 2 cerita tentang asal usul kenapa celana jeans mempunyai kantong kecil yang terselip di atas kantong celana bagian pinggang. Semoga sobat ngopo tidak penasaran lagi ya!