Inilah Cara Ampuh Obati Keseleo Tanpa Urut

Ngopo.com - Pada umumnya semua orang tentu pernah mengalami yang namanya keseleo atau terkilir baik pada pergelangan tangan maupun pergelangan kaki mereka. Kamu pun mungkin sudah pernah mengalaminya khan? Mungkin kaki kamu pernah terkilir ketika menaiki tangga, mungkin pergelangan kaki kamu pernah cidera saat sedang berolahraga, atau bisa jadi karena bekerja secara fisik yang memang rentan mengalami cidera.

Ketika kamu keseleo tentu selain menyakitkan, juga akan mengganggu aktivitas kamu karena tidak bisa beraktivitas seperti biasanya lagi. Banyak orang jika kakinya keseleo mereka mengatasinya dengan cara dipijat. Nah sobat ngopo, apakah mengobati keseleo dengan cara dipijat merupakan cara yang benar? atau justru malah akan memperparah? Karena kamu belum tau urat mana yang bengkok. Jadi bisa jadi ketika kamu memijat bagian ini bakal jadi bikin keseleo semakin lebih parah.

Untuk mengobati keseleo dengan benar, maka kamu mesti tahu apa sebenarnya yang terjadi saat mengalami keseleo atau terkilir. Dalam istilah kedokteran keseleo atau terkilir disebut sprain. Sprain itu adalah cidera ligamen di sekitar sendi. Ligamen adalah jaringan serat yang fleksibel dan kuat yang menghubungkan antar tulang pada sendi. Ketika ligamen mengalami trauma atau cedera sehingga robek atau teregang terlalu jauh, maka sendi akan menjadi sakit dan membengkak.

Nah sobat ngopo, di sini kita akan membahas bagaimanakah cara menyembuhkan keseleo agar cepat sembuh. Metode ini disebut dengan metode RICE.

1. Rest (Istirahat)

Istirahatkan pergelangan kaki kamu, jangan melakukan aktivitas yang bisa membuat kaki menjadi nyeri atau pincang. Jika keseleo kamu parah, kamu harus berjalan dengan kruk atau tongkat agar cidera tidak bertambah parah.

2. Ice (Es)

Tempelkan (kompres) dengan Es selama 15 menit setiap jam pada sendi kamu yang keseleo. Jangan pernah menaruh es langsung pada kulit, tapi gunakan kain tipis untuk melapisinya. Kompres es ini akan mengurangi rasa sakit dan memar.

3. Compression (Penekanan)

Balutlah sendi pergelangan kaki kamu dengan perban yang elastis mulai dari ujung kaki sampai pertengahan betis, dengan menggunakan tekanan. Jangan dilepas perban tersebut hingga bengkaknya hilang. Kendurkan perbannya jika jari-jari kaki kamu berubah menjadi biru, terasa dingin atau mulai merasa mati rasa. Kamu tidak boleh melilitkan perbannya terlalu longgar dan juga tidak boleh terlalu ketat. Lama proses compersion ini bisa 1-2 hari jika ringan atau bahkan bisa 2 minggu jika tergolong keseleo yang berat.

4. Elevation (Peninggian)

Angkatlah kaki yang keseleo lebih tinggi dari jantung kamu, hal ini akan mengurangi atau meminimalkan pembengkakan. Misalnya ketika keseleo pergelangan kaki maka ketika berbaring ganjal kaki dengan bantal sedemikian rupa sehingga lebih tinggi dari dada. Meninggikan posisi pergelangan kaki akan membantu mengeringkan cairan yang disebabkan oleh cidera.

Selain itu untuk menyembuhkan rasa sakitnya, kamu dapat menggunakan ramuan alami dengan mengggunakan beras kencur dan parutan jahe untuk menyembuhkan keseleo tersebut.

Ramuan beras kencur

Dengan membuat ramuan dari beras dan kencur, nyatanya ampuh menyembuhkan keseleo. Cara membuatnya pun mudah sekali, yaitu tumbuk beras dengan kencur hingga halus, lalu lumuri ke bagian luka yang keseleo lalu malamnya rasa sakit karena keseleo Insya Allah bakal hilang.

Parutan Jahe

Dengan menggunakan parutan jahe, juga bisa mengobati rasa sakit akibat keseleo, karena jahe mempunyai sifat hangat yang begitu efektif untuk mengurangi rasa sakit ketika keseleo. Caranya juga mudah sekali yaitu dengan cara memarut jahe secukupnya lalu lumuri ke bagian luka yang keseleo. Insya Allah sembuh.

Nah, sobat ngopo demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan keseleo. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share ya sobat ngopo.

Baca juga:
Inilah Cara Mudah Menghilangkan Kutil Tanpa Operasi
Apakah Benar Harus Banyak Minum Air Agar Ginjal Sehat?
Inilah 3 Cara Mudah Menghilangkan Formalin Dalam Makanan
Inilah Olahraga Terbaik Untuk Menurunkan Kolesterol
Mau Anak Ber-IQ Tinggi? Rajin-rajin Konsumsi Ini!

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

1 comments:

  1. Bisa minta caranya buat lutut yang keseleo bengkak dan gk bisa di tekuk,caranya gimana ngeringanin sakit pas tidur?soalnya bengkak besar?dan perih

    ReplyDelete

Scroll to top