Bahaya Duduk Terlalu Lama dan Tips Untuk Mengatasinya

Ngopo.com - Sudah sering kita mendengar bahwa duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan, dan sudah banyak penelitian yang menyatakan akibat buruk dari duduk terlalu lama tersebut. Akan tetapi, karena memang tuntutan pekerjaan banyak orang, termasuk kita, tidak mengindahkan peringatan kesehatan tersebut.


Padahal duduk terlalu lama itu sangatlah berakibat buruk bagi kesehatan. Apa saja bahaya duduk terlalu lama ini? Seperti dikutip dari halosehat, ada 10 dampak terburuk akibat duduk terlalu lama :

1. Depresi

Bahaya duduk terlalu lama yang pertama adalah dapat menyebabkan depresi. Hal ini sangatlah berkaitan erat dengan kondisi tubuh yang mengalami kebosanan karena posisi yang tidak berubah-ubah, alias statis begitu saja.

2. Gangguan pada tulang

Bahaya duduk terlalu lama yang kedua adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan pada tulang. Gangguan ini terutama dapat muncul pada tulang belakang. Posisi duduk yang terlalu lama, terlebih lagi posisi yang tidak ergonomis sangat memungkinkan untuk terjadi gangguan pada tulang belakang kamu. Hal ini dapat menimbulkan tulang yang tumbuh tidak normal, serta dapat memicu tubuh menjadi bungkuk, dan postur tubuh yang tidak normal.

3. Mati rasa / kesemutan

Bahaya duduk terlalu lama yang ketiga adalah dapat menyebabkan munculnya rasa kesemutan dan juga mati rasa. Kondisi tubuh yang statis dan juga monoton selama beberapa jam dan menyebabkan sering kesemutan dan juga mati rasa, terutama pada bagian kaki kamu.

4. Kebosanan

Bahaya duduk terlalu lama yang keempat adalah dapat menyebabkan munculnya rasa bosan yang berlebihan. Rasa bosan yang berlebihan ini muncul karena adanya posisi tubuh yang statis dan monoton selama beberapa jam. Selain mata yang lelah, serta tubuh yang bisa terasa sakit maka kita juga dapat merasakan kebosanan yang berlebihan ketika kita terlalu lama duduk.

5. Memicu kolestrol dan juga obesitas

Bahaya duduk terlalu lama yang kelima adalah dapat menyebabkan munculnya bahaya obesitas alias kegemukan atau penyakit kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh kondisi dimana ketika kita dudul terlalu lama, maka proses metabolisme di dalam tubuh kita pun tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan pembakaran lemak pun menjadi tidak optimal.

Proses metabolisme tubuh yang tidak optimal ini dapat menyebabkan tertimbunnya lemak di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan obesitas. Lebih lanjut, lemak yang menumpuk di dalam tubuh ini dapat menyebabkan terjadinya ciri ciri kolestrol tinggi, yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

6. Dapat menyebabkan serangan jantung

Bahaya duduk terlalu lama yang keenam adalah dapat memicu terjadinya serangan jantung. Kondisi duduk yang terlalu lama ini dapat menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu dan juga tidak normal, sehingga hal ini dapat memicu terjadinya serangan jantung, yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

7. Diabetes

Bahaya duduk terlalu lama yang ketujuh adalah munculnya gejala diabetes. Gejala diabetes ini berkaitan erat dengan kondisi obesitas dan juga kolesterol tinggi yang muncul karena duduk terlalu lama. Apabila kamu duduk terlalu lama dan juga tidak memberikan variasi lainnya, maka bukan tidak mungkin akan mengalami bahaya diabetes karena akibat dari duduk terlalu lama.

8. Kanker

Bahaya duduk terlalu lama yang kedelapan adalah dapat menyebabkan munculnya kanker. Hal ini disebabkan karena posisi tubuh yang statis dan juga diam tak bergerak selama beberapa jam dapat memicu perkembangan dan juga pertumbuhan sel-sel kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena dapat menyebabkan kematian.

9. Otot tubuh terasa kaku dan pegal

Bahaya duduk terlalu lama yang kesembilan adalah dapat menyebabkan munculnya rasa pegal dan juga kaku pada otot tubuh kita. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi dimana tubuh mengalami sikap duduk yang tidak bergerak, sehingga menyebabkan otot tubuh tidak mengalami variasi gerakan dan hanya berada pada posisi statis saja.

Posisi tubuh seperti inilah yang dapat menyebabkan munculnya rasa pegal dan juga kaku pada otot. Apabila kondisi ini dibiarkan dan juga tidak dicegah, maka kemungkinan otot kamu tidak hanya kaku pada saat duduk saja, namun juga saat melakukan aktivitas yang lainnya juga akan terasa kaku.

10. Menyebabkan keletihan yang berlebihan

Bahaya duduk terlalu lama yang kesepuluh adalah dapat menyebabkan kelelahan dan keletihan yang berlebihan. Keletihan ini diperoleh dari kondisi tubuh yang tidak bergerak sama sekali, sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sangat monoton dan juga tidak bervariasi. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa letih dan juga lelah ketika harus duduk terlalu lama.

Itulah 10 bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh kamu, dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :

1. Bergeraklah sebentar setiap 30 menit sekali

Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh kamu dari kekakuan. Entah itu ke toilet, maupun menghirup udara segar di luar ruangan agar paru-paru mendapatkan udara alami yang baik. Berjalan akan membantu tubuh melancarkan kembali metabolismenya sehingga tak perlu ada penggumpalan dan gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas.

2. Minumlah Banyak Air Putih

Selain minum air putih sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ kamu untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan lamu untuk sering pergi ke toilet.

3. Gunakan meja yang fleksibel

Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

4. Hampiri rekan kerja kamu

Jika ingin menyampaikan sesuatu kepada rekan kerja kamu, hampirilah secara langsung daripada menggunakan telepon atau pesan singkat seperti SMS maupun BBM.

Nah sobat ngopo, semoga tips-tips ini dapat bermanfaat bagi kamu dan menambah wawasan serta pengetahuan kamu semua.

Baca juga:
Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer
Makanan Terselip di Gigi? Hindari Penggunaan Tusuk Gigi!
Inilah Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami
Inilah 5 Penyebab Penyakit Anemia
Tips Sembuhkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Ramuan Daun Sendok

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Scroll to top