Manakah Yang Lebih Sehat, Tempe atau Tahu?

Ngopo.com - Tahu dan tempe, siapa yang tidak mengenal 2 makanan ini? Tahu dan tempe merupakan makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat kita, dan kita sering menjumpai keduanya di mana saja. Baik itu di pasar tradisional, ataupun supermarket besar. Produk kedelai non-transgenik ini adalah sumber protein yang sehat, dan mudah  kita dapatkan. Harganya juga relatif lebih murah, tetapi walaupun murah kedua makanan ini merupakan makanan yang kaya akan gizi dan protein.

Tahu merupakan produk dari bahan kedelai yang cukup digemari di seluruh dunia. Dalam sejumlah makanan Asia, tahu pun digunakan sebagai bahan makanan. Tempe yang merupakan asli makanan Indonesia pun tak boleh dipandang sebelah mata sebagai sumber protein yang tinggi.


Walaupun kedua makanan ini sama-sama terbuat dari bahan yang sama yakni kacang kedelai, namun proses pembuatan keduanya berbeda. Tahu dibuat dengan cara mengentalkan susu kedelai dengan koagulan, sedangkan tempe dibuat dengan cara memfermentasikan kedelai yang telah dimasak dengan menggunakan cetakan.

Setiap 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat dan 0,1 gram lemak. Selain lima nutrisi penting ini, tahu juga mengandung kalsium sekitar 223 mg, 183 mg fosfor dan 3,4 mg zat besi.

Sedangkan setiap 100 gram tempe mengandung 150 kkal energi, 14 gram protein, 7,7 gram lemak, 9,1 gram karbohidrat dan 1,4 gram serat. Selain itu tempe juga kaya akan kalsium, forfor dan zat besi yang jumlahnya mencapai 517 mg untuk kalsium, 202 mg fosfor dan 1,5 mg zat besi.

Nah, berdasarkan perbandingan diatas, walaupun pengolahan tempe lebih sederhana daripada tahu. tetapi umumnya tempe lebih sehat dibandingkan tahu, karena mengandung lebih banyak protein dan serat dibandingkan tahu.

Itu artinya, sudah jelas bahwa tempe mengungguli tahu dalam segi ketersediaan nutrisi untuk tubuh. Jadi tak perlu ragu dan bingung lagi menentukan mana yang lebih baik dari kedua makanan yang berbahan kedelai tersebut.

Nah sobat ngopo, walaupun kenyataannya tempe lebih sehat daripada tahu, bukan berarti kamu harus selalu memilih untuk mengkonsumsi tempe dibanding tahu. Kedua makanan ini termasuk pilihan makanan yang sehat dan sangat baik untuk dikonsumsi. Maka, tidak ada salahnya juga untuk mencampur kedua makanan ini, menjadi suatu hidangan yang lezat untuk keluarga.

Baca juga:
Inilah 7 Manfaat Mandi Sebelum Subuh dengan Air Dingin
Penting! Agar Jantung Kamu Tetap Sehat, Lakukan 6 Langkah ini!
Luar Biasa! Ternyata Ada Banyak Manfaat Hujan-Hujanan Bagi Kesehatan
20 Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan, Mengerikan!
Inilah 8 Alasan Minum Air Hangat Lebih Sehat Daripada Air Dingin

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

2 comments:

  1. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK.KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 atau KLIK DISINI dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    *angka ritual gaib singapura

    *angka ritual gaib hongkong

    *angka ritual gaib malyaisia

    *angka ritual gaib sidney

    *angka ritual gaib kuda lari.

    ReplyDelete

Scroll to top