Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Ngopo.com - Hari ini komputer/lapotop merupakan sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan perkerjaan. Seorang yang setiap harinya bekerja di depan komputer/laptop tanpa henti, biasanya akan mengalami masalah dengan matanya, seperti mata perih,  mata berkedut,  mata lelah,  mata tegang, dan lain-lain. Oleh karena itu disini akan dibahas tips-tips agar mata tetap sehat bagi seorang yang kerjanya selalu di depan layar komputer  yang diambil dari berbagai macam sumber.


1. Mengganti layar komputer CRT dengan LCD
Layar  CRT biasanya bentuknya seperti tabung dan gambarnya sering berkedip dengan cahaya yang dapat mengakibatkan mata menjadi perih. Lama-kelamaan seseorang yang bekerja dengan komputer yang monitornya CRT,  maka matanya  akan menjadi tegang, perih dan lelah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita dapat menggantinya dengan komputer yang layarnya LCD. Meskipun tidak aman sepenuhnya tetapi setidaknya dapat mengurangi timbulnya permasalahan terhadap mata.

2. Aturlah pencahayaan monitor
Aturlah pencahayaan layar komputer dan sesuaikan dengan kondisi ruangan. Jangan gunakan kontras yang tinggi di ruangan yang tidak terang atau gelap. Aturlah kontras sebaik dan senyaman mungkin untuk kenyamanan dan kesehatan mata kita.

3. Gunakan kacamata khusus untuk komputer
Supaya mata kita tidak kering dan iritasi dikarenakan tatapan cahaya layar komputer. Kita bisa memakai kacamata yang khusus untuk komputer. Kita dapat membelinya di optik-optik terdekat.

4. Aturlah jarak pandang
Salah satu yang harus kita perhatikan adalah jarak pandang mata kita dengan layar komputer. Sebaiknya berjarak antara 50-60 cm dengan posisi bagian tengah monitor berada pada 10 -15 derajat di bawah pandangan mata kita. Jika kita bekerja menyalin teks/tulisan. Letakkan tulisan tersebut di samping monitor kita dan jepit dengan penjepit kertas agar pandangan kita nyaman.

5. Aturlah pencahayaan ruangan
Pencahayaan ruangan yang berlebihan juga dapat mengakibatkan mata kita lelah dan iritasi. oleh karena itu aturlah pencahayaan ruangan kita dengan baik seperti yang kita lihat di kantor-kantor. Gunakanlah  lampu yang full spectrum dengan pencahayaan yang baik dan alami.

6. Berkediplah sesering mungkin
Berkedip-kedip itu merupakan aktifitas spontan dan alami yang dilakukan oleh mata kita dalam rangka membasahi mata kita. Secara refleks memang mata kita akan berkedip-kedip sendiri, tetapi karena kita terlalu asyik dan konsentrasi bekerja di depan layar komputer terkadang mata kita menjadi sangat jarang berkedip. Karena itulah kita mesti berkedip lebih sering untuk menjaga agar mata kita tidak kering yang bisa mengakibatkan mata menjadi perih.

7.  Istirahatlah 4×5 menit
Ketika beraktifitas di depan layar komputer, kita disarankan istirahat meski sejenak untuk meregangkan otot-otot, menggerakkan badan serta  leher. Lakukanlah latihan ini sebanyak 4 kali dengan durasinya masing-masing sekitar 5 menit.

8. Latihan mata dengan teknik 20-20-20 
Lakukanlah latihan mata dengan teknik 20-20-20 yaitu setiap 20 menit, berjalanlah di sekitar ruanagan sampai jarak 20 meter selama 20 detik. Latihan ini dilakukan agar otot mata kita tidak tetap santai dan tidak tegang. Mata kita akan selalu terasa rileks jika melakukan  latihan ini.

Demikianlah tips-tips menjaga kesehatan mata bagi kita yang selalu bekerja di depan layar komputer. Semoga bermanfaat. Tetaplah jaga Kesehatan kamu.

Baca juga:
Makanan Terselip di Gigi? Hindari Penggunaan Tusuk Gigi!
Inilah Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami
Inilah 5 Penyebab Penyakit Anemia
Tips Sembuhkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Ramuan Daun Sendok
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top