Perlukah Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin? Ini Jawabannya!


Ngopo.com - Menggoyang-goyang mobil saat mengisi bensin merupakan salah satu pemandangan yang sering kita jumpai di pom bensin. Tak hanya pengendara mobil, banyak juga pengendara motor melakukan hal yang demikian, mungkin sobat ngopo pun pernah melakukannya. Katanya sih, biar isinya benar-benar penuh, full tank.

Memang kebanyakan dari mereka menganggap bahwa dengan menggoyang-goyang mobil saat mengisi bensin hal itu dapat membantu bensin agar bisa masuk ke semua ruang tanpa ada celah. Sehingga tanki kendaraan bisa terisi penuh alias full tank. Lantas, apakah tindakan tersebut itu benar?

Ternyata hal itu tidak benar! Menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin justru adalah pekerjaan yang sia-sia, justru sama sekali nggak berguna. Lho kenapa?

PT Krama Tiga Berlian (KTB) Mitsubishi Motors Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi (APM) di Tanah Air dalam keterangannya di akun media sosial menyebut bahwa hal itu merupakan tindakan yang salah.

Sebab, bensin merupakan benda yang bersifat cair, sehingga tidak perlu mengguncang-guncangkan kendaraan, saat mengisi bahan bakar di pom bensin.

"Ada mitos saat mengisi BBM (bahan bakar minyak) di SPBU, mobil diguncang-guncangkan supaya BBM dapat terisi dengan kapasitas lebih banyak, atau penuh. Yang perlu diketahui, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengalir dari tempat tinggi ke rendah. Jadi, tidak perlu digundang-guncangkan, agar BBM terisi di tangki dengan penuh," kata PT KTB MMI.

Sebenarnya, menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin justru dapat menimbulkan efek mudah luber. Sebab, pada saat menggoyang-goyangkan, bahan bakar yang ada di dalam tangki justru akan berbuih.

Jika diibaratkan, seperti halnya manusia ketika hendak minum soda kaleng. Saat kaleng tersebut dikocok, atau digoyang-goyangkan, akan luber.

Senada dengan PT Krama Tiga Berlian (KTB) Mitsubishi Motors Indonesia, Korps Lalu Lintas Polri dalam akun Twitternya juga mengatakan, pertama-tama kita harus mengingat lagi bentuk benda cair yang tidak tetap, dalam kata lain selalu mengikuti bentuk wadahnya. Sama halnya seperti bensin yang merupakan benda cair, ketika dimasukkan dalam tangki, bensin otomatis akan mengikuti bentuk tangki kendaraan. Jadi tanpa perlu kamu goyang-goyangkan kendaraanmu, bensin pasti akan terisi penuh.

Menggoyang-goyangkan kendaraan justru bisa bikin bensin menjadi berbuih yang membuatnya menjadi lebih gampang luber keluar. Tuh kan, jangan dilakukan lagi ya, guys.

Begitu pula yang disampaikan oleh Iwan Abdurahman dari Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor, beliau menerangkan, mobil digoyang saat isi bensin pada awalnya karena menginginkan agar udara yang terjebak di tangki keluar. Sehingga tangki terisi bensin dengan maksimal. Namun, itu sangat tergantung dari konstruksi tangki mobil tersebut.

Sebagian mobil memang ada yang memiliki sekat, terutama yang tangkinya pendek dan lebar. Ada yang menggoyangnya agar bensin tersedot oleh pompa bensin. Namun, itu tidak banyak.

Menurutnya, untuk mobil-mobil produksi saat ini, desain tangkinya sudah bagus sehingga meminimalkan udara terjebak. Karena itu, dia menilai tidak perlu menggoyang mobil saat isi bensin.

"Jadi, rasanya untuk mobil sekarang, kayanya nggak perlu goyang goyang tangki," pesannya.

Kepala Bengkel Auto2000 Fajar Bustomi juga mengatakan hal senada. Menurutnya, ada mobil yang digoyang karena sebagian tangki diberi sekat. Namun menurutnya, air akan menemukan jalannya sendiri karena benda cair, sehingga tak perlu digoyang.

Yudy Nugraha selaku Area Manajer Communication Relation Pertamina Region III, juga menanggapi perilaku orang ang menggoyang-goyang mobil saat isi bensin, beliau mengatakan bahwa sebenarnya tindakan tersebut tidak benar karena sifat zat cair BBM sudah pasti bisa memenuhi tangki.

"Kebanyakan berfikir kalau digoyang kapasitas tangki bisa lebih banyak, padahal tidak ada hubungannya. Logika saja, setiap kendaraan kan sudah ada kapasitas masing-masing. Yang perlu dipahami, BBM itu adalah cairan, sifat utama cairan itu mengalir dari tempat tinggi ke rendah, kalau diisi full pasti tangki juga akan full, jadi saya pikir itu hanya sugesti saja," ucap Yudy di waktu yang sama.

Menurutnya, dengan mengoyangkan mobil justru membuat cairan BBM akan mudah luber karena dampak guncangan. "Kalau digoyang cairan BBM bisa berbuih, akibatnya yang keluar dengan sendiri  dari lubang tangki," kata Yudy.

Kesimpulan

Dengan demikian, teori yang menyebut mobil harus digoyang saat isi bensin adalah tidak benar alias hoax. Nah sobat ngopo, setelah membaca penjelasan dari berbagai sumber di atas, apakah masih ingin menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin?

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top