25 Desain Kamar Tidur Loteng yang Cantik dan Menawan

Ngopo.com - Jika Anda ingin membuat sebuah kamar baru, namun tidak ada tempat atau ruangan kosong yang bisa digunakan untuk membuat ruang baru? Anda tak perlu khawatir, manfaatkan saja loteng (attic) yang tak terpakai di rumah Anda. Pada umumnya, loteng sering digunakan orang sebagai tempat penyimpanan atau gudang. Tetapi, tak ada salahnya jika area ini difungsikan sebagai kamar tidur.

Mengubah loteng menjadi kamar tidur memerlukan perencanaan yang matang. Sebab area di bawah atap merupakan tempat perputaran udara dimana udara panas akan dilepaskan kembali ke luar, sementara udara segar dialirkan menuju ruang dalam. Oleh karena itu desainnya harus direncanakan secara matang agar ketika ditempati nanti terasa nyaman. 

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah konstruksi atap, karena material dan kemiringan atap berkaitan dengan kenyamanan Anda saat berada di loteng tersebut. Pastikan jarak antara kepala pada posisi berdiri memiliki jarak yang cukup dengan ketinggian atap. 

Kemudian cek material konstruksi atap. Rangka baja ringan kurang cocok karena kuda-kuda baja ringan berjarak cukup rapat sekitar 1m – 1,5m. Akan lebih memudahkan bila menggunakan kayu atau beton karena kuda-kuda kedua bahan ini berkisar 3m – 4m.

Kamar tidur yang terletak di loteng, biasanya memiliki hawa yang lebih panas daripada kamar tidur yanga ada di bawah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memasang insulator di bawah lapisan genteng, seperti aluminium foil, glass wool, atau polyurethane untuk mengurangi penyerapan panas. Bila ingin semakin sejuk, tambahkan jendela sebagai penghawaan alami pada area loteng. Dengan begitu, sirkulasi udara juga akan lebih baik. Jika jendela tak cukup, bisa juga Anda pasang pendingin buatan, seperti air conditioner (AC).

Agar loteng tak terlalu gelap pada siang hari, Anda dapat membuat skylight di atas atap. Besar kecilnya skylight sendiri ditentukan oleh kebutuhan cahaya dalam loteng. Hanya saja, agar cahaya dari luar tak terlalu menyilaukan, tempatkan skylight di sisi paling gelap di dalam ruangan tersebut.

Berikut ini adalah 25 desain kamar tidur loteng yang cukup cantik dan menarik untuk Anda jadikan sebagai contoh ketika akan membuat kamar tidur loteng :

Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan





Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan








Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan





Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan





Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan

Desain Kamar Tidur Loteng Yang Menakjubkan

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top