BI Akan Terbitkan Uang Rupiah NKRI Baru Berdesain 11 Pahlawan Nasional

Ngopo.com - Bank Indonesia akan segera menerbitkan uang rupiah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dengan desain yang baru sebagai pelaksanaan dari amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang (UU Mata Uang), dengan ciri sebagaimana diatur dalam UU tersebut. Salah satu cirinya adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan dengan keputusan presiden.

Uang  baru yang akan diterbitkan Bank Indonesia itu meliputi  tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah logam dengan gambar pahlawan nasional. Penetapan gambar pahlawan nasional tersebut, dilakukan berdasarkan koordinasi BI dengan Pemerintah dan mendapat persetujuan penggunaan gambar pahlawan nasional dari ahli waris.

Sesuai dengan Pasal 5 ayat 1, ciri-ciri umum uang kertas antara lain, pertama memiliki gambar lambang negara Garuda Indonesia, kedua, uang yang baru nanti akan tertulis frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia‎". Ketiga, akan ada tanda tangan pihak pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan dan Bank Indonesia yang diwakili Gubernur Bank Indonesia. Dalam uang lama, tanda tangan di uang rupiah hanya Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Dan yang keempat, akan tercantum tahun cetak dan emisi.

Sedangkan untuk uang logam, ciri-ciri yang akan dicetak terdapat lambang 'Garuda Indonesia', tertulis frasa 'Republik Indonesia' dan terdapat pahatan tahun emisi uang logam tersebut.

Warna masing-masing pecahan uang tersebut nanti akan ditentukan oleh Dewan Guber‎nur Bank Indonesia. Yang jelas perbedaan warna di masing-masing pecahan itu diperlukan untuk mempermudah masyarakat menggunakannya.

Dikutip dari laman Setkab.go.id, aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan uang Rupiah Kertas dan uang Rupiah Logam NKRI.

Dalam aturan yang telah ditandatangani pada 5 September 2016 tersebut, Presiden Jokowi telah memilih 12 nama Pahlawan Nasional yang gambarnya akan digunakan dalam uang NKRI.



Nama 11 Pahlawan Nasional dalam uang NKRI tersebut adalah:

1. Pahlawan Nasional Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Dr (HC) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100 ribu.

2. Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50 ribu.

3. Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20 ribu

4. Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10 ribu

5. Pahlawan Nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000.

6. Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000.

7. Pahlawan Nasional Tjut Meutiah sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000.

8. Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 1.000.

9. Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500.

10 Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 200

11. Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100.

Menurut Keppres tersebut, penggunaan gambar dan nama Pahlawan Nasional sebagaimana dimaksud telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional.

Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,oleh Presiden Joko Widodo yaitu pada tanggal 5 September 2016.

Itula 11 gambar pahlawan nasional yang terdapat pada tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam yang akan dicetak oleh Bank Indonesia melalui Perum Peruri.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top