7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok atau Mendengkur Saat Tidur


Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok atau Mendengkur
Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok atau Mendengkur
Ngopo.com - Sebagian besar dari kita mungkin mempunyai masalah dengan ngorok alias mendengkur ketika tidur, khususnya para pria. Biasanya orang yang tidurnya mendengkur atau ngorok tidak pernah sadar kalau dirinya tidur mendengkur, setelah diberitahu oleh orang lain baru dia mengetahuinya. Dalam dunia kedokteran mendengkur atau mengorok ini disebut dengan sleep apnea, hal ini terjadi karena adanya penyempitan saluran pernapasan.

Berdasarkan proses metabolisme tubuh, manusia menarik dan mengeluarkan nafas sebanyak 28.000 kali setiap harinya melalui hidung. Hal ini dikarenakan adanya lima sensor berupa syaraf yang langsung terhubung dengan otak. Fungsi dari tiap syaraf ini berbeda, seperti menyaring, menambah kelembaban, mengurangi kelembaban, menghangatkan, dan membaui udara yang masuk ke saluran pernafasan.

Saluran pernapasan yang menyempit akan merespon otak agar secara aktif menggerakan otot mulut untuk mensuplay oksigen ke otak, sehingga mulut kita tampak membuka dan menutup. Jika penyempitan ini dilalui udara maka akan menimbulkan suara yang kita sebut dengan ngorok atau dengkuran.

Tanpa kita sadari, suara ngorok atau dengkuran bisa mengganggu orang yang tidur di sekitar kita. Nah untuk itu kami akan berikan tips cara menghilangkan kebiasaan ngorok atau mendengkur yang kami kutip dari berbagai sumber. Berikut ini tipsnya :

1. Ubah posisi tidur

Coba perhatikan bagaimana posisi tidur Anda selama ini. Karena posisi tidur ini sangat menentukan apakah Anda mendengkur atau tidak. Menurut penelitian, tidur dengan posisi telentang akan membuat kita mendengkur. Posisi tidur telentang akan membuat lidah jatuh ke belakang dan menutup jalan napas. Oleh karena itu, bagi orang yang tidurnya mendengkur cobalah tidur dengan posisi menyamping atau miring, yang utama adalah menyamping kesebelah kanan. Namun, jika penyebab mendengkur karena kondisi medis tertentu, konsultasilah dengan dokter.

2. Gaya hidup sehat

Menurut Shawn Stevenson penulis Sleep Smarter, sebagian besar mendengkur ini terjadi pada orang yang mengalami masalah berat badan alias kegemukan. Timbunan lemak di tubuh dapat membuat jalur napas terganggu saat tidur.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, ubahlah gaya hidup Anda dengan diet yang sehat dan rutin melakukan olahraga agar berat badan Anda turun.

3. Banyak minum air

Menurut Stevenson penulis Sleep Smarter, banyak minum air putih sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi dengkuran. Minum air putih akan meringankan masalah kekeringam di tenggorokan dan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari

4. Jangan makan larut malam

Jangan makan terlalu larut malam atau mendekati waktu tidur Anda. Berikan jeda antara waktu makan malam dan tidur. Stevenson mengatakan, sebaiknya hindari makanan atau minuman seperti susu dan es krim sebelum tidur. Makanan tersebut bisa menghasilkan lendir lebih banyak dan akhirnya menghambat jalur pernapasan.

5. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru Anda tersumbat. Hai itulah yang bisa membuat Anda mendengkur. Jadi hentikan kebiasaan merokok sekarang juga agar terbebas dari dengkur dan bahaya akibat rokok lainnya.

6. Hindari alkohol dan obat tidur

Alkohol dan obat tidur merupakan salah satu penyebab utama dari ngorok atau mendengkur. Obat tidur dan alkohol dosis rendah saja bisa menekan saluran pernafasan dan mengganggu relaksasi otot. Cobalah untuk menghindari alkohol dan obat tidur agar tubuh menjadi sehat, dan Anda pun terhindar dari tidur mendengkur.

7. Senam tenggorokan dan lidah

Sebelum Anda tidur, cobalah lakukan senam tenggorokan dengan cara membuka mulut Anda selebar mungkin, dan meregangkan rahang ke satu sisi, yaitu dengan memegang rahang tersebut selama 30 detik. Lakukan juga hal seperti itu pada rahang lain. Kemudian coba julurkan lidah sejauh yang Anda bisa. Cara senam tenggorokan dan lidah ini akan membantu melonggarkan otot tenggorokan Anda.

Nah itulah 7 cara mengatasi ngorok atau mendengkur saat tidur, semoga bermanfaat. Cobalah Anda lakukan cara-cara tersebut dan rasakan perubahan pada tidur Anda.

Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top