7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Sangat Mudah

Cara Menghilangkan Komedo
Cara Menghilangkan Komedo

Ngopo.com - Komedo terbentuk akibat dari produksi kelenjar minyak yang berlebih, kotoran, maupun sel kulit yang mati yang kemudian membuat pori-pori kulit tersumbat. Biasanya komedo ini terakumulasi disekitar area mata, hidung pipi.

Pada dasarnya komedo dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo whitehead (putih) dan komedo blackhead (hitam). Kedua jenis komedo ini sebenarnya sama, hanya saja komedo hitam (blackhead) disebabkan karena pori-pori membesar, kemudian kotoran, sel mati atau minyak berlebih itu keluar ke permukaan kulit, lalu teroksidasi oleh udara sehingga menjadi berwarna hitam. Sedangkan komedo putih (whitehead) terjadi karena minyak, sel mati dan kotorannya terperangkap dibawah permukaan kulit kemudian mengeras, biasanya disebut jerawat batu.

Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan komedo agar wajah tampak bersih? Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Suksmagita Prtidina, komedo tersebut dapat diatasi dengan mengurangi produksi minyak dan menghilangkan sumbatannya. Caranya adalah dengan rajin mencuci muka agar bakteri, kotoran, dan debu, hilang dari wajah kita. Kalau aktivitas sehari-hari sering mobile biasanya sering terkena kotoran serta keringat, maka cucilah muka sesering mungkin, jangan cuma ketika mandi.

Untuk komedo putih atau whitehead bisa diatasi dengan mengeluarkan isinya. Komedo jenis whitehead tidak boleh facial karena tidak ada lubangnya. Harus dibuat dahulu lubangnya dengan cara tertentu agar tidak menimbulkan bekas. Biasanya dapat dilakukan dengan cara membuka sumbatan memakai alat tajam atau laser.

Membuka sumbatannya bisa dilakukan sendiri di rumah, yang terpenting alatnya harus bersih dan steril. Jika lemak atau kotorannya sudah keluar dan kulit masih tampak gembung, diamkan saja jangan dipegang atau dipencet-pencet, karena bisa menyebabkan iritasi dan akan menjadi sarana masuknya bakteri. Oleh karena itu tutupi saja bekas lukanya dengan antiseptik dan biarkanlah kering.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Selain itu, kamu bisa juga menghilangkan komedo dengan menggunakan bantuan bahan-bahan alami atau apa saja yang mudah ditemukan disekitar kamu, seperti yang akan kita bahas berikut ini :

1. Uap Air Panas

Cara ini terbilang sangat sedrhana dan mudah, tidak memerlukan bahan atau peralatan khusus. Cukup menggunakan uap air panas yang tersedia di rumah. Uap panas ini dapat membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan komedo yang tersumbat pada wajah. Siapkanlah air panas pada suatu wadah atau baskom, kemudian posisikan wajah kamu tepat diatas wadah tersebut agar terkena uap air panas. Uapi wajah kamu selama 3-5 menit sambil lakukan pemijatan pada area wajah yang ada komedonya. Untuk hasil yang lebih maksimal, tutup kepala kamu dengan menggunakan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah tepat di depan air panas dalam baskom tersebut. Setelah itu, kamu dapat membersihkan komedo yang sudah keluar dengan handuk dan air bersih.

2. Putih Telur

Telur memang terkenal mempunyai nutrisi dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya adalah digunakan untuk membersihkan komedo dan mengencangkan pori-pori wajah. Telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, nah kandungan protein inilah yang berkhasiat untuk komedo. Menjadikan putih telur sebagai masker juga berguna untuk mengencangkan kulit secara alami.

Pecahkan sebutir telur dan pisahkan kuning dan putihnya, kemudian kocoklah putih telur sampai mengembang. Kemudian oleskan putih telur keseluruh wajah atau pada area yang berkomedo saja.
Diamkan selama 10-15 menit atau sampai mengering dengan sendirinya. Terakhir bersihkan wajah kamu dengan menggunakan air.

3. Lemon dan Madu

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit. Asam alpha hydroxi pada lemon sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo. Kandungan asam sitrat dalam lemon juga mampu mengencangkan pori-pori wajah dan membersihkannya dari sel kulit mati.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon dan madu adalah dengan mengiris buah lemon menjadi dua bagian. Kemudian teteskan madu pada permukaan lemon yang sudah diiris tadi. Setelah itu gosok-gosokkan irisan lemon yang sudah ditetesi madu tersebut pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5-8 menit lalu bersihkan dengan air dingin agar pori-pori wajah kamu menutup kembali. Lakukan perawatan ini 3 – 4 kali dalam seminggu

4. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin yang dapat mengurangi peradangan pada kulit dan melembabkan kulit. Selain menjaga kesehatan rambut, gel lidah buaya ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah pisahkan gel dari kulit lidah buaya, kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada wajah yang berkomedo, setelah itu diamkan selama 10-15 menit. Terakhir bilaslah wajah dengan air bersih.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kulit jeruk juga cukup sederhana, pertama kupas kulit jeruk, keringkan di bawah sinar matahari sampai benar benar kering, kemudian haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta komedo dan pijat wajah selama beberapa menit. Terakhir bilaslah dengan air bersih lalu keringkan.

6. Pepaya

Selain buahnya enak dimakan, ternyata buah pepaya ini juga baik untuk kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo. Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati serta enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan buah pepaya adalah dengan memotong daging buah pepaya, lalu haluskan sampai menyerupai bubur. Kemudian oleskan pada wajah sebagai masker terutama pada bagian yang berkomedo, diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, cuci dengan air yng bersih lalu keringkan. Lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali seminggu

7. Cuka Apel

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka sari apel membunuh mikroorganisme penyebab komedo, jerawat dan masalah kulit lainnya. Cuka apel yang bersifat antiseptik mampu menjaga keseimbangan kulit, menghilangkan bakteri penyebab komedo sekaligus membersihkan pori-pori dari minyak berlebih.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan satu gelas air
Celupkan kapas pada larutan cuka apel. Sebelum dioleskan di wajah, cuci muka dengan bersih terlebih dahulu lalu keringkan. Oleskanlah kapas yang telah dicelupkan ke dalam larutan cuka apel tadi ke wajah terutama yang berkomedo selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukan ini 3x dalam sehari.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dan mudah. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk menghilangkan komedo di wajah kamu. Tapi yang penting jangan lupa untuk selalu mencuci muka agar tetap terjaga kebersihannya sebagaimana disarankan oleh dr. Suksmagita Prtidina, Sp.KK.

Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top