Inilah 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Ampuh Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sakit Gigi
Cara Mengatasi Sakit Gigi 
Ngopo.com - Hampir semua orang mungkin pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Ketika seseorang mengalami sakit gigi, hal itu sangat mempengaruhi aktivitasnya dan bahkan produktifitas pun akan menurun drastis. Emosi pun akan memuncak ketika mendengar suara yang berisik atau terlalu keras. Makan dan minum pun akan menjadi susah karena merasakan sakit yang luar biasa. Biasanya sakit gigi itu disebabkan karena gigi yang berongga, tambalan longgar, hingga keretakan pada gigi. Untuk itu sobat ngopo perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi yang ampuh agar ketika sakit gigi melanda, segera dapat diatasi.

Nah sobat ngopo, sebenarnya selain minum obat atau pergi ke dokter, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit gigi. Berikut ini 7 cara mengatasi sakit gigi tanpa obat kimia yang bisa Anda lakukan ketika terserang sakit gigi!

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dahulu dapat mengatasi gigi sakit dan gusi yang bengkak. Bawang putih mengandung zat antiseptic alami yang efektik membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan mengupas kulit 1 siung bawang putih. Haluskan bawang putih yang sudah terlebih dahulu dicuci bersih. Jika bawang sudah benar-benar halus, baru lah Anda masukkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang disertai gusi bengkak. Maka dari itu jeruk nipis juga sangat ampuh sebagai obat sakit gigi alami. Caranya juga mudah, anda hanya perlu siapkan sebuah jeruk nipis untuk diperas pada sebuah tempat. Kemudian ambil air perasan tersebut, tambahkan air hangat dan campurkan hingga merata. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis. Jangan sampai air tertelan karena mengandung banyak bakteri. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

3. Teh

Teh peppermint memiliki rasa yang menggoda di mulut sekaligus bisa meredakan sakit gigi. Cobalah untuk merebus dauh teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Nah, air kumur itu boleh kita telan, boleh juga dibuang. Zat tannin yang terkandung di dalamnya, dapat membantu kita untuk meredam rasa sakit pada gigi dan mengurangi pembengkakan.

4. Air garam

Berkumur menggunakan air garam bisa kita jadikan cara untuk mengobati sakit gigi. Caranya mudah kok. Larutkanlah satu sendok teh garam di air mendidih. Lalu, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut.

Air garam bisa membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar beberapa cairan yang menyebabkan pembengkakan. Selain itu, air garam juga bisa membersihkan puing-puing menjengkelkan yang berada di sekitar gigi. Untuk hasil maksimal, ulangi perawatan ini sesering yang diperlukan.

5. Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manispun bisa dijadikan obat sakit gigi. Caranya campurkan madu dan kayu manis tersebut kemudian oleskan pada gigi Anda yang sakit tiga kali sehari untuk meredakan sakit gigi.

6. Cengkeh dan Minyak Zaitun

Campurlah beberapa tetes minyak zaitun dan cengkeh. Kemudian, tempelkan campuran ramuan alami tersebut pada gigi yang sakit tiga kali sehari untuk meredakannya.

7. Es

Es juga bisa membantu kita untuk meredakan sakit gigi. Caranya sederhana. Masukkanlah es ke dalam kantong plastik, lalu bungkuslah dengan kain tipis. Setelah itu, tempelkanlah es yang telah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit.

Hal ini bertujuan untuk “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Sebab, setelah saraf di jari-jari kita mengirim sinyal ‘dingin’ ke otak, mereka dapat menggantikan sinyal rasa sakit yang berasal dari gigi kita. Selain menempelkannya, kita juga bisa sembari memijat daerah yang terasa sakit dengan jari kita.

Itulah 7 cara mudah dan murah mengatasi sakit gigi yang ampuh tanpa menggunakan obat-obatan kimia, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top