Urusan Anda Dipersulit, Biaya Tidak Sesuai Aturan, Layanan Publik Buruk? Laporkan Disini!

Ngopo.com - Mungkin Anda pernah menjumpai pelayanan publik yang buruk atau pelayanan yang tidak sesuai aturan sehingga itu merugikan Anda dan masyarakat secara umum. Jika sebelumnya Anda enggan melaporkan karena sulit mendapatkan akses dan tidak tahu harus melaporkan kemana. Nah sekarang Anda bisa dengan mudah melaporkannya secara online melalui sebuah aplikasi atau website bernama LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat)

LAPOR adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. LAPOR! dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

LAPOR! diinisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik.

Semua permasalahan pembangunan dan layanan publik yang buruk di daerah Anda dapat segera dilaporkan, agar terciptanya pelayanan publik yang baik. Contoh-contoh pelayanan publik yang dapat Anda laporkan itu misalnya adalah :
  • Sulitnya prosedur dan adanya pungutan liar dalam pembuatan KTP.
  • Biaya yang tidak sesuai aturan dalam pengurusan SIM.
  • Proses pembuatan sertifikat tanah yang terlalu lama, berbelit-belit, dan biaya yang diminta tidak sesuai aturan sehingga terlalu mahal dan sangat merugikan masyarakat.
  • Listrik sering padam.
  • Air PDAM sulit mengalir.
  • Jalan umum yang sangat buruk.
  • Pengurusan izin yang tidak kunjung selesai.
  • Dan lain-lain.
Berikut ini adalah alur kerja atau cara menggunakan "LAPOR" :


Pelaporan

Masyarakat dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk situs www.lapor.go.id, SMS 1708 dan aplikasinya sendiri telah tersedia untuk platform Android. Selain itu, bisa juga melalui akun Facebook dan Twitter LAPOR! Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Tindak Lanjut Pelaporan

LAPOR! akan mempublikasikan setiap laporan yang sudah diteruskan sekaligus memberikan notifikasi kepada pelapor. Instansi K/L/D diberikan waktu paling lambat 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang diberikan oleh masyarakat umum. Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi K/L/D memberikan informasi kepada pelapor pada halaman tindak lanjut laporan.

Penutupan Laporan

Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi K/L/D pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut.

Untuk mempermudah tracking laporan, Anda dapat langsung memasukkan ID yang didapat setelah pelaporan. Selanjutnya, pihak atau instansi terkait akan memberi jawaban dari laporan yang diajukan. Untuk lebih lengkap tentang alur pelaporan, kamu bisa melihatnya disini.

Untuk lebih mudah memahami apa itu LAPOR dan bagaimana alur kerjanya, silakan Anda saksikan videonya dibawah ini:








Untuk Indonesia yang lebih baik share atau bagikan artikel ini agar tersebar luas sehinga diketahui seluruh masyarakat Indonesia. Jangan ragu untuk melaporkan segala permasalahan dan buruknya pelayanan publik di daerah Anda.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top