10 Manfaat Makan Buah Pisang Setiap Hari

Manfaat Makan Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang
Ngopo.com - Pisang merupakan salah satu buah yang populer di dunia, pada umumnya semua orang tahu buah ini. Pisang banyak tumbuh di wilayah tropis, seperti Indonesia. Pisang merupakan makanan favorit banyak orang. Selain rasanya manis, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral, yang bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Mengingat kandungan nutrisinya yang sangat banyak, ada baiknya Anda menjadikan buah pisang ini sebagai makanan yang rutin dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah 10 manfaat pisang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui :

1. Baik Untuk Otak

Buah pisang dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Sekitar 20% dari aliran darah tubuh dipompa ke jantung. Selain itu, otak juga memerlukan banyak energi dan oksigen untuk bekerja.

2. Sumber Energi

Buah pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Makanya, banyak atlet suka makan pisang saat istirahat pertandingan untuk menambah energi secara instan.

3. Kesehatan Jantung

Buah pisang kaya akan serat makanan yang bisa mencegah penyakit jantung koroner. Buah tropis ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah natrium. Jadi, buah pisang merupakan makanan yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi.

4. Kesehatan Ginjal

Dengan adanya kandungan kalium pada buah pisang, maka pisang juga bisa mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

5. Baik Untuk Darah

Selain kalium, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah. Vitamin B6 sangat penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Sistem Saraf Yang Sehat

Kandungan potasium pada buah pisang dapat mencegah serangan stroke. Terbukti, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan buah pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena stroke.

7. Anemia

Buah pisang mengandung zat besi, yang berguna untuk mengatasi anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin dalam tubuh. Wah, pantas saja si monyet tidak pernah anemia.

8. Mood Booster

Vitamin B6 atau triptofan berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin, yang bertugas mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Jadi, jika Anda sedang depresi atau insomnia, cobalah makan buah pisang!

9. Luka Lambung

Buah pisang juga memiliki efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Tidak hanya itu, pisang juga bisa melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

10. Buang Air Besar

Buah pisang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah, oleh karena itu makan buah pisang menjadi solusi alami untuk mengatasi sembelit.

Itulah 10 manfaat makan buah pisang bagi kesehatan. Tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya yang tidak bisa kami ulas satu persatu. Setelah mengetahui betapa banyaknya manfaat makan buah pisang, maka Anda bisa menjadikan buah ini sebagai menu harian Anda.

Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

1 comments:

  1. buah pisang memang sangat banyak manfaatnya kak, apalagi buat kesehatan kita

    ReplyDelete

Scroll to top