7 Manfaat Buah Apel Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Apel
Manfaat Buah Apel
Ngopo.com - Apel, merupakan buah yang familiar dan mungkin kita sering memakannya. Apel ini ternyata memiliki banyak manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan. Anda mungkin pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan "Mengkonsumsi apel setiap hari akan membuat kita jarang jatuh sakit". Realitanya, buah apel memang mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya, apa sajakah manfaat buah apel bagi tubuh kita? Mau tahu? Berikut ini 7 manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh kita:

1. Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu buah apel setiap hari memiliki kemungkinan 28 persen lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2, dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi buah apel. Hal ini karena serat pada apel bisa mengontrol tingkat gula darah.

2. Sistem Pencernaan

Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat pada buah apel mampu menyerap air yang ada pada usus yang kemudian akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar.

3. Kanker

Sebuah penelitian di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

4. Sistem Kekebalan Tubuh

Buah apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang mengalami depresi.

5. Katarak

Sebuah penelitian jangka panjang juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah kaya antioksidan seperti buah apel ini akan memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit daripada orang yang tidak mengkonsumsi buah apel.

6. Kesehatan Gigi

Menggigit dan mengunyah buah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.

7. Risiko Alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa tikus yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.

Itulah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah kita temukan. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengkonsumsi buah apel ini setiap hari.



Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top