7 Manfaat Buah Semangka Yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka
Ngopo.com - Buah semangka merupakan salah satu buah yang familiar dan mudah untuk ditemukan di Indonesia. Hampir disetiap pasar buah selalu ada yang jual buah ini. Selain rasanya yang enak, buah semangka mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah 7 manfaat dari semangka seperti yang dilansir dari magforwomen.com :

1. Dapat Mencegah Kanker

Kandungan zat antioksidan di dalam buah semangka mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu semangka juga dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker usus besar.

2. Membantu Kekuatan Tulang

Semangka juga diketahui dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan tulang termasuk arthritis. Hal ini disebabkan karena semangka mengandung kalsium yang dapat membantu dalam memperkuat struktur tulang dasar tubuh Anda.

3. Memberikan Suntikan Energi

Gula alami dan kandungan air yang cukup tinggi dalam buah semangka dapat memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktifitas selama seharian. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba memasukkan jus semangka atau potongan buah semangka ke dalam menu sarapan Anda.

4. Untuk Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Jika Anda memiliki masalah dengan jantung, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi buah semangka, karena buah semangka juga mengandung aktioksidan yang disebut lycopene yang dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke jantung. Lycopene juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes yang dikenal sebagai 2 hal terbesar penyebab serangan jantung.

5. Membantu Dalam Pemulihan Nyeri Otot

Sebuah penelitian membuktikan bahwa semangka sangat bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri otot, karena kandungan asam aminonya yang disebut dengan L-citrulline. Zat ini mampu menstabilkan detak jantung saat berolahraga sehingga dapat mengurangi cedera otot atau nyeri otot yang mungkin akan Anda alami saat berolahraga.

6. Semangka Kaya Akan Vitamin Dan Mineral

Semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, mangan, seng, zat antioksidan dan nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh.

7. Buah Semangka Bagus Untuk Diet

Semangka atau jus semangka juga bisa untuk Anda masukkan dalam menu diet Anda. Semangka dapat dijadikan camilan karena dapat membuat Anda cepat merasa kenyang namun tetap rendah kalori. Selain itu kadar air yang cukup tinggi di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol Anda yang tinggi.

Itulah 7 manfaat buah semangka yang jarang diketahui orang. Buah yang selama ini sering kita makan ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi semangka sebagai alternatif menu sehat harian Anda.

Baca juga :

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top