6 Kebiasaan Buruk Yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak


Ngopo.com - Ketika kita mengendarai mobil rasanya memang sulit jika tak menghidupkan Air Conditioner (AC). Karena memang AC termasuk hal penting yang mesti ada di dalam mobil agar penumpang tidak kepanasan. Karena jika sudah kepanasan tentu akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh.

Ketika AC tidak lagi dingin kebanyakan orang akan beranggapan bahwa hal itu disebabkan oleh freon yang sudah habis. Padahal, itu tidaklah selalu benar. Penyebab AC yang rusak atau tidak lagi dingin bisa jadi justru karena kebiasaan-kebiasaan buruk dari pemiliknya.

Inilah 6 kebiasaan yang bisa membuat AC Mobil bermasalah atau cepat rusak:

1. Buru-buru Menyalakan AC

Biasanya orang yang kurang paham tentang perawatan mobil, ketika masuk kedalam mobil langsung menyalakan AC, apalagi jika suhu di luar sangat panas. Padahal itu seharusnya dihindari, karena suhu udara di dalam mobil masih panas. Jadi ketika kita langsung menyalakan AC maka itu berpotensi membuat AC cepat rusak. Sebaiknya biarkan suhu kabin adem secara alami. Buka kaca dan hidupkanlah kipas blower tanpa mengaktifkan kompresor. Biarkan jendela terbuka sekitar 10 menit hingga ada sirkulasi angin dari luar.

2. Membuka Jendela Terlalu Lama Saat AC Menyala

Sering ada orang yang membuka jendela kaca mobil, padahal AC masih menyala, padahal jika itu dilakukan terlalu lama akan membuat berat kerja dari kompresor. Ini sama saja Anda mengeksploitasi kerja kompresor untuk membuat suhu kabin mencapai titik ideal. Sehingga AC mobil akan jadi cepat rusak. Jika ingin membuka jendela karena ada keperluan sebaiknya sebentar saja, atau jika memang akan membuka jendela dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan AC mobil terlebih dahulu.

3. Mematikan Mesin Mobil Saat AC Masih Menyala

Nah, ini juga termasuk yang paling sering kita jumpai. Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala. Akibatnya, ketika nanti Anda akan menghidupkan mobil, maka AC nya pun akan langsung menyala. Sehingga ketika distarter, beban listrik lebih besar untuk menghidupkan mesin. Selain bisa merusak aki, arus listrik yang masuk juga tidak stabil. Sehingga akan cepat merusak AC mobil.

4. Merokok

Terkadang masih saja ada orang yang merokok di dalam mobil, bahkan ketika AC masih menyala. Selain akan berdampak buruk terhadap kesehatan diri dan para penumpang lainnya, merokok ketika AC masih menyala akan membuat filter kabin dan evaporator kotor. Selain itu kompresor juga akan bekerja lebih keras. Hal inilah yang akan menyebabkan AC mobil cepat rusak.

5. Pemakaian Pewangi Yang Salah

Memakai pewangi sembarangan ternyata dapat menyebabkan kerusakan AC mobil. Yang disarankan adalah menggunakan pewangi mobil yang cair. Dan jangan menggunakan pewangi yang berbentuk gel. Karena, pewangi gel akan berubah menjadi gas dan menguap. Kemudian ketika terkena suhu dingin di evaporator justru akan menjadi gel dan mengendap di evaporator. Hal ini juga bisa menjadikan AC mobil cepat rusak.

6. Kurang Perhatian Pada Kebersihan Kabin Mobil

Sebagian orang sering membuang sampah di dalam mobil dan terkadang meninggalkannya begitu saja karena lupa. Hal ini akan menimbulkan bau tidak sedap. Apalagi jika terdapat banyak debu dan kotoran yang menempel di kabin. Hal ini akan membuat sistem kerja AC memutar udara di kabin, masuk ke filter, lalu dihembuskan kembali. Jika kabin kotor, kotoran akan tersedot dan membuat filter cepat kotor. Hal ini juga dapat menjadikan AC mobil Abda cepat rusak.

Itulah 6 kebiasaan buruk yang akan membuat AC mobil cepat rusak. Sebaiknya Anda memperhatikan 6 hal tersebut agar AC mobil tetap berfungsi baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top