Tensi Darah Normal Pada Orang Dewasa

Ngopo.com - Saat kita berobat ke dokter, puskesmas atau rumah sakit, mungkin pernah dengar ya petugas kesehatan atau dokternya mengatakan: “Pak/bu tensi darahnya normal 110 per 70 (110/70)”. Tetapi ada juga dokter atau petugas kesehatan yang cuma menyebutkan angka tanpa menyebutkan apakah tensi darahnya normal atau tidak, sehingga kita pun berfikir sebenarnya berapa sih nilai tensi darah normal itu.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita pahami apa itu tekanan darah. Tekanan darah atau biasa orang menyebutnya dengan tensi darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita. Supaya kinerja tubuh maksimal, kita harus memiliki tensi darah normal. Pertanyaannya, berapakah tensi darah normal pada orang dewasa?

Sebenarnya, semakin rendah tensi darah kita, maka semakin sehat pula tubuh kita. Tetapi, jangan pula terlalu rendah karena bisa menyebabkan kita mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi.

Dari contoh ilustrasi diawal tadi bisa kita peroleh hasil pemeriksaan tensi darah itu ada dua kelompok angka yang dipisahkan oleh garis miring (baca: per), 110/70 mmHg. Angka yang pertama (110) kita sebut dengan angka atas dan angka setelahnya (70) bisa kita sebut dengan angka bawah, dan kemudian ditutup dengan satuan mmHg (milimeter air raksa).

Angka Atas (Tekanan Darah Sistol)

Ketika jantung kita berdetak, saat itu ada fase ketika jantung memompa atau berkontraksi untuk mendorong darah keseluruh tubuh melalui arteri, dan inilah yang menyebabkan timbulnya tekanan pada arteri. Tekanan itulah yang kita sebut sebagai angka atas atau tekanan darah sistolik.

Untuk orang dewasa, tekanan darah sistolik yang normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 120 mmHg. Tekanan darah sistolik 120-139 mmHg itu artinya tekanan darah normal yang lebih tinggi dari nilai ideal atau disebut dengan prehipertensi, dan jika nilainya mencapai 140 atau lebih maka sudah dikategorikan darah tinggi (hipertensi)

Angka Bawah (Tekanan Darah Diastol)

Angka bawah atau disebut juga dengan tekanan darah diastolik adalah tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa kembali pada arteri. Tekanan darah diastolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 80 mmHg.

Tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 masih dianggap normal namun lebih tinggi dari ideal. Sedangkan tekanan darah diastolik yang nilainya mencapai 90 atau bahkan lebih maka disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal

Pada umumnya, orang dewasa saat kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal sama atau dibawah dari 120/80 mm Hg. Tekanan darah seseorang setiap saat bisa berubah tergantung kondisi fisiknya, terkadang tinggi dan terkadang bisa rendah .

Untuk memudahkan kita dalam memahami dan mengiungat interpretasi dari hasil pemeriksaan tekanan darah yang kita lakukan, maka berikut ini kami sajikan tabel tekanan darah normal, rendah, dan tinggi :

Tensi Darah Normal
Tabel Tekanan Darah

Tips Agar Tensi Darah Normal Terus

Lakukanlah pemeriksaan tensi darah secara rutin. Jika saat ini tensi darah Anda tinggi, mencapai 140/90 mmHg atau lebih, maka segeralah konsultasi dengan dokter agar cepat bisa diatasi, biasanya akan dianjurkan minum obat darah tinggi.

Jika saat ini tensi darah Anda diatas normal sistolik, yaitu antara 120 - 139 atau tekanan darah diastoliknya antara 80 - 89 mmHg, maka cobalah periksa ulang minimal setahun sekali, atau lebih sering sesuai dengan anjuran dokter.

Jika saat ini tensi darah Anda normal (kurang dari 120/80 mmHg), maka bersyukurlah, namun jangan lupa lakukan pemeriksaan juga minimal sekali setiap lima tahun. Jika usia Anda bertambah maka tensi darah juga cenderung meningkat maka tak ada salahnya untuk bisa lebih sering lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan hidup sehat agar tensi darah tetap normal dengan melakukan tips berikut ini :

1. Berolahraga

Olah raga secara teratur akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan memperkuat otot jantung, mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan sehingga sangat membantu dalam mengontrol tensi darah Anda.

2. Konsumsi Garam Yang Seimbang

Jangan mengkonsumsi garam secara berlebihan, karena tubuh kita hanya memerlukan 500mg garam per hari. Rekomendasi terbaru menganjurkan untuk membatasi jumlah asupan garam sehari maksimal 2400mg, ini setara dengan kurang lebih 1 sendok teh.

3. Terapkan Pola Makan Sehat

Konsumsilah makanan yang sehat agar terhindar dari penyakit darah tinggi atau hipertensi. Makanan yang dianjurkan adalah sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging unggas, kacang-kacangan, susu rendah lemak dan biji-bijian utuh, serta hindarilah mengkonsumsi lemak, daging merah, makanan asin dan gula berlebih.

4. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang berlebih merupakan risiko hipertensi atau darah tinggi, jadi jika ingin tekanan darah normal terus maka jagalah berat badan agar tetap ideal.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan dua kebiasaan buruk yang dilarang dan dapat menganggu kesehatan tubuh manusia. Alkohol dapat memicu tekanan darah tinggi, begitu pula rokok yang didalamnya mengandung nikotin bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut dan meningkatkan tekanan darah.

6. Hindari Stres Berlebihan

Hindarilah stres yang berlebihan, karena itu akan mengganggu kesehatan Anda. Tidak terlalu sulit mengatasi stres, Anda cukup banyak mendekatkan diri kepada Allah Subhana wa Ta'ala dan lakukanlah hal-hal baik yang Anda sukai. Anda bisa juga konsultasi permasalahan Anda kepada orang terdekat Anda agar bisa mendapat masukan atau saran dalam menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi.

Itulah tips agar tensi darah normal terus, sehingga Anda tidak perlu khawatir terkena hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan agar bisa bermanfaat untuk saudara kita yang lain.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top