Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Ngopo.com - Mulut yang berbau karena gigi berlubang tentu sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri Anda saat berbicara atau melakukan aktivitas dengan orang lain. Kesehatan mulut dan gigi amat penting untuk Anda jaga, karena selain dapat menyebabkan sakit yang tidak tertahankan ketika sakit gigi, tetapi gigi berlubang atau gusi yang bengkak dan sakit sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Hal itu bukanlah tanpa alasan, mengingat gigi, gusi, mulut, bibir dan lidah merupakan tempat bakteri mudah untuk berkembangbiak.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang
Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang
Adanya bakteri di dalam mulut kita sebenarnya merupakan sesuatu yang normal. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa bakteri yang juga sangat berbahaya selain beberapa bakteri baik yang memang ada manfaatnya.

Penyebab Gigi Berlubang


Bakteri dapat menempel pada permukaan yang keras seperti enamel gigi. Jika bakteri-bakteri tersebut dibiarkan saja atau tidak segera dibuang, maka bakteri tersebut akan berkembang biak dan tumbuh menjadi semakin banyak dan akhirnya membentuk koloni.

Semakin lama jika dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka bakteri tersebut akan bercampur dengan air liur yang kemudian menyebabkan plak pada gigi. Dan itu adalah awal dari penyebab mengapa gigi bisa berlubang.

Pada bayi, enamel mereka belum sepenuhnya matang dan lebih mudah keropos. Setidaknya dibutuhkan waktu 7 tahun untuk enamel gigi bayi bisa menjadi lebih matang, lebih solid, lebih keras dan lebih mengkilat.

Itulah mengapa anak-anak lebih rentan terhadap gigi berlubang daripada orang dewasa.

Permasalahan gigi berlubang ini merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang dialami manusia yang sering terjadi. Lubang pada gigi pada umumnya terjadi karena adanya penularan bakteri yang disebut dengan Streptococcus mutan.

Streptococcus mutan biasanya terdapat pada rongga gigi manusia yang ada lukanya dan menjadi bakteri yang paling kondusif menyebabkan karies pada email gigi. Streptococcus mutan merupakan jenis bakteri yang paling banyak menyebabkan gigi berlubang di seluruh dunia dari semua Streptococcus oral lainnya.

Usia antara 11-33 bulan, merupakan masa yang rawan terjadinya penularan bakteri tersebut. Dengan demikian, jika pada rentang usia tersebut seorang anak tidak tertular bakteri, maka kedepannya kecil kemungkinan mereka akan mengalami risiko gigi berlubang.

Penularan bakteri tersebut pada anak, paling sering diakibatkan karena adanya kebiasaan masyarakat yang selama ini tidak tidak tepat. Misalnya, saat seorang ibu memberikan makan anaknya, si ibu tersebut biasanya terlebih dahulu mencicipi apakah sudah dingin atau tidak. Selain itu, bisa juga karena orang tua yang sering menciumi anaknya, terutama di mulut. Itulah yang menyebabkan bakteri pada sang ibu tadi tertular ke si anak.


Gigi Berlubang Menyebabkan Bau Mulut 


Bau mulut merupakan hal yang tidak menyenangkan dan bahkan bisa mengganggu hubungan serta membuat seseorang tidak percaya diri ketika berbicara.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, terutama jika Anda selalu rutin membersihkan mulut dengan benar, mengunjungi dokter gigi, dan menghindari beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab bau mulut seperti penggunaan obat-obatan, karena diet tertentu atau karena makanan tertentu.

Berdasarkan penelitian, sekitar 80% dari bau mulut berasal dari mulut itu sendiri, misalnya diakibatkan karena gigi yang berlubang atau penyakit gusi yang membuat mulut berbau, tambalan gigi yang retak, dan gigi palsu yang jarang dibersihkan atau bisa juga disebabkan karena terjebaknya sisa-sisa makanan yang disebabkan oleh amandel.

Tetapi tidak semua bau mulut berasal dari mulut, beberapa kasus bau mulut juga bisa diakibatkan karena kondisi medis tertentu, terutama dari organ internal seperti: penyakit diabetes, penyakit liver, infeksi saluran pernapasan atau penyakit bronkitis kronis.

Faktor-faktor lainnya yang juga perlu diwaspadai selain gusi yang terinfeksi dan gigi yang kotor adalah lidah yang tidak pernah dibersihkan, perut yang kosong terutama pada saat berpuasa dan kebiasaan merokok serta menggunakan obat kumur yang tidak tepat juga bisa menyebabkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang


Bagi Anda yang mempunyai masalah bau mulut karena gigi berlubang padahal Anda sudah rajin menggosok gigi. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut tersebut.

1. Tambal gigi yang berlubang

Yang pertama kali Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah dengan cara menambal gigi tersebut terlebih dahulu. Anda harus mengunjungi dokter gigi untuk menambal gigi yang berlubang tersebut agar tidak ada partikel makanan dan bakteri yang bisa menempel di gigi tersebut.

2. Pakailah obat kumur yang tepat

Ada beberapa jenis obat kumur yang bisa membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi bakteri penyebab plak serta dapat membantu menghilangkan bau mulut. Jadi, bisa Anda tanyakan kepada dokter mengenai obat kumur terbaik yang bisa membantu menyegarkan nafas, menghilangkan bau mulut dan sekaligus membunuh bakteri.

3. Jaga kebersihan gigi dan mulut

Rajin-rajinlah menyikat gigi, sikatlah gigi Anda secara teratur minimal dua kali dalam sehari atau sikat gigi 1 jam setiap setelah makan, hal ini bisa membantu menghilangkan plak dan bakteri yang menyebabkan bau mulut akibat makan.

4. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi nafas kita. Karena makanan yang kita cerna akan diserap melalui aliran darah dan kemudian dikeluarkan melalui paru-paru saat kita bernafas. Perbanyaklah makan buah dan sayur, karena di dalan mulut kita terdapat air liur. Air liur tersebut berfungsi sebagai pembunuh bakteri yang alami. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari akan mampu menambah produksi air liur kita. Namun demikian, sangat disarankan mengonsumsi sayur dan buah yang dapat menghilangkan bau mulut seperti mentimun,wortel, seledri, pisang dan apel.

Semua makanan tersebut dapat membantu menjadikan nafas Anda lebih segar. Selain itu, usahakanlah tidak mengkonsumsi bawang putih, bawang merah, dan beberapa makanan pedas yang bisa menyebabkan bau mulut kronis hingga bau badan.

5. Hindari alkohol dan rokok

Selain sangat tidak baik bagi kesehatan alkohol dan rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut, jadi hindarilah aktifitas tersebut. Mengkonsumsi alkohol dan merokok dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan dapat merusak gigi Anda. Selain itu, mengkonsumsi alkohol dan merokok akan mempengaruhi kesegaran nafas alias bau mulut dan gigi pun menjadi kuning.

Itulah cara menghilangkan bau mulut karena gigi yang berlubang, semoga bermanfaat.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top