Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen

Ngopo.com - Salah satu masalah rambut yang sering muncul selain masalah rambut rontok dan ketombe adalah munculnya kutu. Penyebab munculnya kutu tersebut bisa dikarenakan tertular oleh rambut orang lain yang ada kutunya. Kutu itu sendiri menyukai rambut yang kotor dan lembab.

Dengan adanya kutu rambut tersebut sudah tentu membuat Anda merasa jengkel karena terganggu dengan gatalnya. Rambut yang berkutu sering membuat yang bersangkutan menggaruk-garuk kepala karena adanya parasit yang membuatnya gatal.

Apabila Anda tidak segera mengatasi kutu itu secepatnya, maka kutu betina yang ada di kepala Anda bisa bertelur sebanyak enam butir sehari.

Bayangkan saja jika itu sudah berlangsung berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, tentu akan ada puluhan bahkan ratusan kutu yang akan ada dikepala Anda. Biasanya telur kutu akan menetas setelah melewati masa selama kurang lebih 8 hari.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen

Banyak metode atau cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen yang bisa Anda lakukan, baik secara medis maupun secara alami. Semua itu sudah banyak dijelaskan di berbagai sumber. Dan disini kami akan merangkum beberapa cara yang mudah untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut


Munculnya kutu rambut bukan hanya hadir begitu saja, namun kemunculannya dapat disebabkan karena berbagai faktor. Adapun beberapa penyebab munculnya kutu antara lain seperti:

  • Sisir: Jika Anda memakai sisir bekas penderita kutu maka secara tidak langsung bisa membuat telur kutu berpindah kerambut Anda. Setelah kurang lebih 8 hari telur kutu itu akan menetas dan jadilah kutu rambut.
  • Handuk: Penyebab kedua munculnya kutu rambut adalah handuk. Handuk yang digunakan penderita kutu rambut bisa menular ke rambut Anda jika Anda menggunakan handuk tersebut. 
  • Jarang merawat rambut: Jika Anda jarang menjaga kebersihan rambut seperti keramas, dan lain-lain maka itu dapat menyebabkan munculnya kutu rambut.
  • Dan masih banyak sekali hal-hal yang bisa yang menyebabkan munculnya kutu rambut pada rambut Anda, seperti jilbab, topi, dan masih banyak lagi.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen


1. Bawang Merah

Salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, namun ternyata juga bisa digunakan sebagai obat. Termasuk salah satunya adalah untuk mengatasi kutu rambut, karena bawang merah mengandung sulfur yang efektif bisa membunuh kutu rambut. Bawang merah itu Anda tumbuk sampai halus atau bisa juga diblender, lalu diperas. Air perasan tersebut bisa Anda gunakan untuk mengusir kutu rambut dengan cara dioles-oleskan ke rambut Anda sampai menyentuh kulit kepala. Kemudian diamkanlah sekitar dua jam dan bersihkan menggunakan shampo serta air hangat.

2. Minyak Zaitun

Minyak buah zaitun merupakan minyak serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah sebagai bahan perawatan kulit terbaik. Untuk menghilangkan kutu rambut Anda bisa mengoleskan cairan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala Anda. Minyak zaitun ini kelebihannya tidak akan menimbulkan efek samping terhadap kondisi kulit rambut Anda.

3. Cuka

Bahan berikutnya untuk menghilangkan kutu rambut adalah cuka. Kadar asam asetat dalam cairan cuka ternyata sangat efektif untuk membunuh kutu rambut. Bahkan tidak cuma itu, cuka ini dapat menghancurkan telur kutu yang belum menetas pada kulit kepala. Gunakanlah cuka secukupnya, jangan terlalu berlebihan karena cuka mempunyai efek samping yang bisa merugikan jika digunakan terlalu berlebihan.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan kutu rambut, caranya adalah peras jeruk nipis kemudian tambahkan dengan minyak kayu putih, lalu oleskan di kepala Anda. Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan jeruk nipis tidak bisa Anda lakukan cuma sekali saja. Untuk menghilangkan kutu rambut secara permanen, maka Anda mesti melakukannya secara rutin setiap hari.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata juga dapat menghilangkan kutu rambut. Caranya adalah tuangkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala Anda. Kemudian oleskan keseluruh bagian kulit kepala dan rambut secara merata. Setelah dioleskan secara merata, tutuplah rambut yang telah diolesi minyak kelapa itu dengan menggunakan plastik bening. Diamkanlah selama 6 jam, setelah itu baru bisa Anda bilas dengan air dan cuci rambut dengan menggunakan shampo. Cara ini diyakini merupakan salah satu cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Itulah 5 cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen yang bisa Anda coba. Jangan biarkan kutu rambut bersarang di kepala Anda, segera atasi sebelum jumlahnya menjadi semakin banyak. Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top