Heboh Kubis Palsu, Ternyata Inilah Fakta Yang Sebenarnya

Ngopo.com - Sebuah kota di Jepang yang terkenal sebagai tempat lahirnya industri makanan plastik telah membuat sayuran kubis atau kol yang sangat mirip dengan kubis asli. Kota yang menghadirkan benda-benda unik ini bernama Kota Gujo di Prefektur Gifu. Replika makanan yang dihasilkan oleh pabrik makanan imitasi di tersebut bahkan bisa menipu mata manusia.

Hanya dalam waktu beberapa menit saja, para seniman makanan plastik di kota Gujo ini bisa membuat replika makanan seperti yang aslinya. Belakangan ini, beredar kembali sebuah video berdurasi 7 menit 30 detik yang menampilkan cara pembuatan kubis replika dari bahan lilin.

Kubis Imitasi

Selain membuat kubis replika, pria yang ada di dalam video tersebut juga mempraktekkan cara membuat udang plastik yang dibungkus dalam adonan tepung. Untuk membuat lilin itu mudah dibentuk, pria tersebut menggunakan air yang dipanaskan hingga suhu 38 derajat Celsius. Berikut ini video proses pembuatan makanan imitasi tersebut.



Perlu Anda diketahui, seperti dilansir dari laman Buzzfeed, video viral yang memperlihatkan proses pembuatan kubis palsu itu hanya sekadar menunjukkan cara bagaimana para seniman di Jepang membuat replika makanan. Replika makanan-makanan palsu itu sendiri biasa terpajang di bagian depan restoran yang ada di kota Gujo tersebut.

Makanan-makanan palsu itu sengaja mereka buat untuk menarik perhatian pelanggan atau para pengunjung yang melewatinya serta memudahkan pengunjung ketika memilih makanan yang ingin dipesannya.

Berdasarkan keterangan yang dimuat laman Japan Times, replika makanan-makanan palsu di Jepang ini telah ada sejak tahun 1920an. Dari awal kemunculan ide replika makanan palsu ini, kemudian dengan sangat cepat menjadi populer dan menyebar serta banyak diadaptasi oleh restoran-restoran yang ada di sana.


Replika makanan ini sendiri terbuat dari bahan wax atau lilin, tetapi sekarang ini kebanyakan replika makanan itu terbuat dari bahan plastik. Bahan plastik makanan tersebut sebagian besar merupakan produk buatan tangan (handmade) dari bahan polyvinyl chloride.

Seperti yang terdapat pada video viral di atas, seorang pria Jepang sedang memperlihatkan aksinya membuat replika makanan palsu menggunakan wax cair yang dituangkan ke atas permukaan air. Kemudian pria Jepang tersebut mengolah cairan itu dengan hati-hati sehingga terbentuklah sayuran kubis yang sangat mirip dengan kubis sebenarnya.

Jadi tidak benar jika ada yang menyebutkan bahwa video itu merupakan cara pembuatan makanan palsu yang perlu diwaspadai telah tersebar dan dijual hingga ke berbagai belahan dunia. Karena makanan yang dibuat itu hanya replika, bukan dijual untuk dikonsumsi.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top