10 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat dan Alami

Cara Mengobati Mata Bintitan
Cara Mengobati Mata Bintitan

Ngopo.com - Bintitan dalam bahasa medis disebut dengan hordeolum. Mata bintitan itu berupa benjolan kecil berwarna kemerah-merahan yang terdapat di tepi kelopak mata, atau sering juga disebut tembel pada mata. Bentuknya mirip seperti jerawat atau bisul kecil, dan pada umumnya bintitan itu cuma muncul pada salah satu kelopak mata saja. Walaupun agak sakit namun bintitan ini tidak menimbulkan efek buruk bagi penglihatan mata orang yang mengalami bintitan.

Bintitan mata sebenarnya tidak berbahaya, namun benjolan kecil ini cukup mengganggu dan menyebabkan wajah tidak enak dipandang, dan terkadang membuat malu karena ada anggapan bahwa bintitan itu muncul karena sering mengintip orang mandi, padahal itu hanyalah mitos yang tidak boleh dipercaya.

Bintitan atau tembel sebenarnya adalah infeksi atau peradangan pada akar bulu mata (folikel). Tembel bisa tumbuh lebih dari satu, hal itu terjadi karena bakteri yang pada mulanya menyerang satu akar rambut kemudia menyebar ke akar akar rambut lainnya, sehingga munculah banyak tembel.

Bintitan ini mengalami perkembangan secara perlahan, membentuk benjolan kecil berwarna merah namun menyakitkan. Kemudian secara perlahan benjolan tersebut berisi nanah yang membuat kelopak mata terasa tidak nyaman bahkan sakit, pada saatnya nanah tersebut akan pecah. Keluarnya nanah akan mengurangi sakit dan dalam beberapa hari biasanya bintil itu akan hilang.

Sebagaimana dilansir oleh Tribunnews.com yang dikutip dari Little Things, ada 10 cara mengobati mata bintitan dengan cepat dan alami. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

1. Parutan kentang
Menurut Top10HomeRemedies.com, kentang memiliki zat yang bersifat menciutkan. Karena itu kentang membantu mengerutkan jaringan untuk mengurangi iritasi kulit. Tambahan lagi, kentang membantu mengurangi radang dan nyeri. Parutlah kentang ke dalam kain katun tipis. Lalu letakkan ke tembel mata selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

2. Irisan tomat
Mungkin kedengarannya aneh. Tapi meletakkan irisan tomat di mata tembel bisa mengurangi nyeri dan iritasi. Menurut WittyFeed.com, untuk mengurangi sakit, iris tomat sehar dan letakkan di area yang terdapat tembel selama lima menit. Sedikitnya tiga kali sehari. Keuntungan lain dari cara ini, dapat membuat kulit mata anda terlihat lebih cerah.

3. Irisan mentimun
Mirip dengan tomat, mentimun juga memiliki efek menyembuhkan bagi tembel yang selalu nyeri dan mengganggu. WittyFeed menulis, mentimun yang bersifat menyegarkan ini juga membantu mengurangi bintitan. Yang harus anda lakukan adalah mengiris tipis dan tempel di area mata tembel. Anda dapat mengulangi beberapa kali dalam sehari.

4. Kantong teh
Meletakkan kantong teh hijau di area bintitan membantu memerangi bakteri sehingga mengurangi bengkak. Menurut Healthline, rebus air lalu rendam teh selama satu menit. Kemudian tunggu sampai kantong teh tersebut dingin. Biarkan di mata selama 5 hingga 10 menit.

5. Buang make-up lama
Harga make-up mungkin mahal. Tapi jangan undang resiko untuk kulit wajah, termasuk mata dengan menggunakan make-up yang sudah terkontaminasi. Buang apapun yang telah terkontaminasi tembel dan selalu berhubungan dengan mata.

6. Sari lidah buaya
Lidah buaya memiliki zat penyembuh, sangat membantu mengurangi mata tembel. Menurut WittyFeed.com, basahkan kapas penyeka dengan cairan kental dari lidah buaya. Usapkan di kelopak mata 3-4 kali sehari.

7. Tetesan sari kunyit
Tak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit digunakan sebagai obat karena bersifat menyembuhkan. Kunyit juga bisa menghilangkan mata tembel dengan cepat. SearchHomeRemedy.com menunjukkan cara-caranya. Pertama-tama rebus satu sendok makan kunyit dalam dua cangkir air hingga air itu menyusut hingga setengahnya. Kemudian saring dan teteskan airnya tiga atau empat kali sehari.

8. Hindari kontak dengan benda yang terkontaminasi
Mirip dengan pemakaian make-up. jangan memakai benda dekat mata yang bisa terkontaminasi. Healthline menyarankan, bila menggunakan lensa kontak, sebaiknya tinggalkan dulu dan ganti dengan kaca mata. Bakteri dari bintit dapat bisa menempel di lensa kontak dan menyebarkan inspeksi.

9. Bersihkan dengan sampo bayi
Menurut Healthline, membersihkan kelopak mata dapat mencegah terjadinya mata tembel. Namun untuk mencuci mata demi menghilangkan bakteri dengan sabun tentu bikin mata perih. Karena itu gunakan sampo bayi yang tidak pedih di mata. Campur dengan air hangat kuku dan dengan lembut usapkan ke kelopak mata menggunakan kapas seka. Anda bisa melakukannya setiap hari atau dua hari sekali.

10. Kompres kain hangat
Pengobatan rumahan paling biasa dilakukan untuk menangani bintitan adalah kompres air hangat. FindHomeRemedy.com menuliskan, ambil kain bersih dan rendam dalam air hangat kuku. Peras airnya lalu tekankan kain tersebut ke mata yang terkena tembel. Kompres air hangat membantu mengeringkan nanah dari benjolan. Ini juga meringankan rasa terbakar di mata.

Itulah 10 cara mengobati mata bintitan yang bisa Anda praktekan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan mata Anda cepat sembuh.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top