7 Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack

Ngopo.com - Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri, terutama seorang wanita. Menjadi seorang ibu bagi para wanita merupakan harapan dalam hidupnya. Meskipun mengandung selama 9 bulan itu berat, namun itu menjadi momen yang sangat berharga selama hidupnya. Oleh karena itu, suatu hal yang lazim jika mereka berharap untuk segera mendapatkan momongan.

Terlambat haid, badan terasa sering pegal linu, perut terasa penuh dengan angin, sering merasa mual, dan emosi yang tidak stabil. Gejala-gejala itu umumnya dialami oleh wanita wanita yang sedang hamil. Jika sudah mengalami gejala tersebut, biasanya kita segera mengeceknya dengan menggunakan testpack.

Testpack yang beredar dipasaran saat ini biasanya digunakan untuk mengecek ada atau tidak hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yaitu hormon glikoprotein dari keluarga gonadotropin yang awalnya disintesis oleh embrio manusia, dan kemudian dilanjutkan oleh syncytiotrophoblast, bagian dari plasenta, selama masa kehamilan. Keduanya merupakan sel trofoblastik yang menstimulasi sekresi steroid dari ovarium untuk kestabilan kandungan.

Namun bagaimana jika Anda tidak mempunyai testpack atau belum sempat membelinya? Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kehamilan seorang wanita tanpa menggunakan testpack. Cara ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan menggunakan alat yang sangat sederhana. 

Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack
Cara Mengetahui Kehamilan Tanpa Testpack

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa tes yang bisa Anda coba untuk mengetahui seorang wanita itu hamil atau tidak. Kalau Anda ingin mengecek kehamilan tapi belum ada testpack, bisa Anda praktekkan cara-cara berikut ini. Mau tahu caranya? Berikut cara mengecek kehamilan secara mudah dan sederhana.

1. Menggunakan Tes Urin

Tes kehamilan menggunakan urin ini dapat diterapkan di rumah dan hasilnya cukup akurat. Tapi memang membutuhkan kesabaran lebih. Caranya adalah dengan mengumpulkan urin dalam sebuah botol. Kemudian diamkan selama 3 s.d 4 jam. Jika nanti terdapat banyak busa putih di permukaan urin, maka kemungkinan besar Anda positif hamil.

2. Menggunakan Gula

Cara tes kehamilan yang satu ini cukup mudah dilakukan. Sediakanlah sebuah wadah khusus untuk menampung urin. Kemudian setelah urin tertampung, masukkan 2 s.d 3 sendok makan gula ke dalamnya. Jika reaksinya terdapat gumpalan dan gula tidak larut, maka kemungkinan Anda hamil. Karena jika hamil, hormon hCG akan bereaksi dengan molekul gula. Akan tetapi jika gulanya larut seperti biasa atau tidak ada perubahan apa-apa, maka itu artinya Anda belum hamil. 

3. Menggunakan Air Sabun

Metode yang satu ini bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengetes kehamilan Anda. Caranya adalah, kumpulkan urin Anda ke dalam sebuah wadah kemudian tambahkan cairan sabun ke dalamnya. Jika campuran urine dan sabun tersebut mengandung banyak busa atau buih, maka kemungkinan Anda positif hamil.

4. Menggunakan Cuka

Siapa yang tidak tau dengan cuka? Terrnyata cuka yang biasa ada dirumah kita bisa digunakan untuk mengecek kehamilan. Caranya cukup sederhana, ambilah cuka yang belum kadaluarsa dan masukkan kedalam sebuah wadah berupa mangkuk, lalu masukan urin kedalamnya. Mulanya mungkin akan muncul gelembung-gelembung, tetapi bukan itu tandanya. Tunggu agak lebih lama lagi. Jika larutan cuka dan urin tersebut tampak memudar, maka ada kemungkinan positif hamil. Namun jika tidak ada perubahan warna sama sekali maka berarti masih negatif alias belum hamil.

5. Menggunakan Baking Soda

Tes kehamilan dengan menggunakan baking soda ini banyak digunakan di Asia, terutama di India. Untuk tes ini langkah-langkah yang dilakukan cukup mudah. Yang Anda perlukan adalah 2 sendok makan baking soda dan letakkan kedalam wadah atau mangkuk, kemudian tambahkan dua tetes urin kedalam mangkuk yang berisi baking soda tadi. Jika baking soda bereaksi terhadap urin, berarti kemungkinannya Anda positif hamil.

6. Menggunakan Pemutih Pakaian

Mudah dan sederhana namun terbilang cukup akurat. Caranya adalah kumpulkan urin dan masukkan ke dalam sebuah wadah, kemudian tambahkanlah pemutih pakaian. Jika muncul gelembung dan berbusa, maka ada kemungkinan positif hamil. Namun, jika tidak ada reaksi apa-apa, maka masih negatif atau belum hamil.

7. Menggunakan Bunga Tapak Dara atau Dandelion

Apakah Anda pernah melihat dandelion atau bunga tapak dara? Ternyata bunga ini bisa digunakan untuk mengecek kehamilan. Caranya juga cukup mudah, ambil beberapa lembar daun tapak dara kemudian rendam dalam sebuah wadah dan masukan urin kedalamnya. Apabila Anda melihat tanda merah pada daun dandelion tersebut setelah 10 menit, maka itu pertanda yang jelas bahwa Anda positif hamil.

Untuk melakukan semua tes tersebut diatas, sebaiknya di pagi hari. Kenapa? Karena kandungan hCG umumnya lebih tinggi dalam urin yang dikeluarkan pada pagi hari. Sehingga cara untuk mendeteksi dan mengetes kehamilannya bisa lebih mudah, dan hasilnya lebih akurat.

Semua cara di atas hanya sebatas referensi. Keakuratannya bisa saja berbeda pada setiap wanita. Biar lebih meyakinkan, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapat jawaban yang paling tepat. Semoga referensi diatas bisa bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top