5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam Secara Praktis

Ngopo.com - Wajah yang bersih, halus dan lembut merupakan dambaan banyak orang terutama bagi para wanita. Namun, ketika komedo mulai menyerang tentu itu akan menjadi mimpi buruk bagi mereka. Komedo akan membuat wajah menjadi lebih kasar, gatal, tidak nyaman dan mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri sebagian orang.

Biasanya komedo ini timbul karena adanya penumpukan minyak yang berlebihan dan sel kulit yang mati. Komedo tersebut biasanya muncul di sekitar hidung, dahi, dagu, area dibawah mata dan di sekitar pipi.

Ketika Anda akan membersihkan komedo ini jangan lakukan dengan memencetnya, karena hal itu akan menimbulkan infeksi dan merangsang munculnya jerawat bernanah sehingga bisa memperparah kondisi kulit wajah Anda.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam 

Untuk membersihkan wajah dari komedo salah satunya adalah dengan melakukan perawatan di salon. Namun, tentu saja perawatan ini membutuhkan biaya yang mahal dan memerlukan waktu yang lama.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara yang simpel dan alami agar komedo tersebut hilang, yaitu dengan menggunakan garam.

Manfaat Garam Untuk Menghilangkan Komedo


Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan komedo dengan garam, ada baiknya Anda ketahui dahulu manfaat garam tersebut untuk membersihkan wajah dari komedo. Berikut ini adalah ulasannya:

  • Garam merupakan bahan yang ampuh untuk membunuh berbagai macam bakteri penyebab komedo dan jerawat yang bisa menyumbat pori-pori kulit.
  • Garam bisa menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati, membuang debu, dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori.
  • Garam mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga bisa meminimalisir resiko munculnya komedo baru di kemudian hari.
  • Garam bisa mengendalikan kadar sebum di kulit Anda, sehingga bisa meminimalisir resiko munculnya komedo yang disebabkan tersumbatnya pori-pori akibat adanya minyak berlebih.
  • Garam mampu mendetoksifikasi tubuh dari berbagai zat beracun sehingga bisa mencegah resiko timbulnya komedo akibat faktor internal. 
  • Garam bisa memperlancar sistem peredaran darah pada tubuh Anda, sehingga semua vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan yang telah Anda konsumsi dapat disalurkan keseluruh tubuh, termasuk kulit dan pada akhirnya komedo pun tidak muncul di kulit Anda.

Nah, Setelah Anda mengetahui mannfaat garam untuk menghilangkan komedo, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan komedo dengan garam. Penasaran bagaimanakah cara menghilangkan komedo dengan garam? Simak ulasannya berikut ini:

1. Garam dan Gula

Kombinasi antara garam dan gula ternyata mampu mengatasi komedo yang membandel. Caranya sangat mudah, ambil garam sebanyak satu sendok makan dan gula juga satu sendok makan, lalu campur dan masukkan garam serta gula tersebut dalam sebuah wadah. Gunakan campuran ini untuk menggosok komedo yang ada pada kulit wajah Anda secara lembut, dengan gerakan melingkar, selama 10-15 menit. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kapas atau kain yang bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukanlah rutinitas ini seminggu dua kali setiap pagi atau menjelang tidur.

2. Garam dan Madu

Madu mempunyai khasiat yang sangat banyak dan sudah tidak diragukan lagi kegunaannya untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu adalah untuk kesehatan kulit, maka campuran garam dan madu merupakan salah satu tips yang tepat untuk menghilangkan komedo membandel. Caranya cukup sederhana, ambilah satu sendok garam dan madu, kemudian campur garam dan madu tersebut menjadi satu dalam sebuah wadah. Nah, oleskan campuran garam dan madu tersebut pada komedo yang ada pada wajah Anda kemudian biarkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih yang hangat. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka lakukanlah rutinitas ini minimal seminggu sekali.

3. Garam dan Pasta Gigi

Cara menghilangkan komedo yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan pasta gigi atau odol. Pasta gigi dapat berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab komedo, sehingga sering digunakan sebagai obat untuk menghilangkan komedo dan jerawat dengan cara mengkombinasikannya dengan garam.

Caranya juga cukup mudah dan sangat sederhana. Ambilah garam dan pasta gigi secukupnya, kemudian campur kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah, lalu aduklah hingga merata. Selanjutnya oleskan campuran garam dan pasta tersebut pada area yang diinginkan. Pijat secara merata dengan lembut ke arah atas selama beberapa saat, kemudian diamkan sejenak. Setelah itu bilas dengan air bersih yang agak hangat. Untuk mendapatkan hasil yang baik ulangi rutinitas ini setiap 3 kali seminggu.

Cara ini bukan saja bermanfaat untuk menghilangkan komedo, tapi juga efektif untuk mengatasi kulit yang kering dan gatal.

4. Garam dan Air Perasan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat menyehatkan kulit secara keseluruhan. Lemon juga mengandung asam sitrat sehingga bermanfaat untuk menyingkirkan segala kotoran yang menyumbat pori-pori kulit Anda, dengan begitu tentu saja akan lebih efektif untuk menghilangkan komedo. Nah, dengan menggunakan perpaduan garam dan air perasan lemon maka ini menjadi tips yang lebih efektif untuk membersihkan komedo dari wajah Anda.

Caranya sangat mudah, ambil air perasan lemon dan gunakan untuk memijat area wajah yang ada komedonya. Kemudian, ambilah garam yang sudah dicampur dengan sedikit air sebagai scrub untuk membersihkan komedo yang ada pada wajah Anda. Lakukan tips ini dengan gerakan melingkar. Diamkan selama sekitar 10 menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air bersih yang hangat secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan proses ini sekali seminggu.

5. Garam dan Air Mawar

Cara menghilangkan komedo dengan garam yang berikutnya adalah dengan menggunakan campuran garam dan air mawar. Ambil satu sendok garam kemudian masukkan kedalam sebuah wadah yang bersih, lalu masukkan satu sendok air mawar yang sudah disediakan. Aduklah secara merata kedua bahan tersebut hingga halus. Jika dirasa sudah cukup halus, maka resep tersebut sudah bisa langsung digunakan untuk membersihkan komedo yang ada di wajah Anda.

Garam yang sudah dihaluskan tersebut berguna sebagai scrub untuk membersihkan komedo, sedangkan air mawar tadi bisa membantu membuat kulit wajah Anda lebih bersih dan lebih cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan proses ini seminggu sekali.

Demikianlah 5 cara menghilangkan komedo dengan garam secara mudah dan praktis. Anda bisa mencoba salah satu cara yang sudah dijelaskan di atas, namun lakukanlah secara rutin agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal, sehingga wajah Anda cepat bersih dari komedo yang membandel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top