Inilah 7 Khasiat Bayam Duri Yang Perlu Anda Ketahui


Ngopo.com - Bayam Duri (Amaranthus Spinousus) atau Thorny amaranthus (Inggris) termasuk jenis tanaman amaranth. Tumbuhan ini mempunyai batang lunak dan basah, tingginya dapat mencapai satu meter.

Ciri khas dari tumbuhan bayam duri ini adalah pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri. Bentuk daunnya menyerupai belahan ketupat dan berwarna hijau. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning.

Bayam duri banyak tumbuh secara liar di pekarangan rumah, ladang atau di jalan-jalan kampung. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 - 35 Celcius.

Tanaman bayam duri ini bisa mengobati penyakit kencing nanah, kencing tidak lancar, bronkhitis, memproduksi ASI; tambah darah, eksim, bisul dan demam.

1. Kencing Nanah

Bahan: Potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Cara menggunakan: diminum pagi dan sore.

2. Kencing Tidak Lancar

Bahan: Potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri. Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: diminum sekaligus.

3. Gangguan Pernapasan dan Bronkhitis

Bahan: batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya.Cara membuat: ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring. Cara menggunakan: diminum pagi dan sore.

4. Memproduksi ASI

Bahan: batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya. Cara membuat: ditumbuk halus. Cara menggunakan: dioleskan/dibobolkan seputar payudara.

5. Tambah Darah

a. Bahan: 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.Cara membuat: daun bayam ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air dan diperas/disaring, telur ayam kampung dimasukan dan diaduk sampai merata. Cara menggunakan: diminum (untuk orang dewasa 1 minggu sekali).

b. Bahan: 1 genggam daun batang bayam duri dan 1 sendok makan madu. Cara membuat: daun bayam ditumbuk halus dan diambil airnya, kemudian ditambah madu. Cara menggunakan: diminum biasa ( untuk bayi).

6. Eksim dan Bisul

Bahan: 1 potong bayam duri. Cara membuat: ditumbuk halus. Cara menggunakan: dioleskan / dibobokan pada bagian yang sakit.

7. Demam

Bahan: 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung. Cara membuat: ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air secukupnya. Cara menggunakan: tempelkan di dahi sebagai kompres.

Itulah 7 Khasiat dan manfaat bayam duri bagi kesehatan tubuh Anda, semoga artikel ini bermanfaat. (yenny)

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top