Inilah Kandungan dan Manfaat Tanaman Ginjean Untuk Menurunkan Darah Tinggi


Ngopo.com - Ginjean biasa tumbuh liar di pinggiran kota, sepanjang aliran air, di semak-semak, kadang di tanam di kebun. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 2. 000 m di atas permukaan laut. Terna semusim, tumbuh tegak, berambut, tinggi 60-100 cm. Batang berongga, beralur, beruas, bercabang, warnanya hijau. Ginjean mempunyai nama latin Leonurus sibiricus L.

Daunya tunggal, bentuk menjari, tepi bergerigi, ujung dan pangkalnya runcing, panjang 4-12 cm, lebar 5-14 cm, letak berhadapan bersilang, warnanya hijau. Bunga tersusun dalam karangan semu yang terdapat pada ketiak daun. Kelopak bergigi tajam, warnanya putih, atau lembayung. Buahnya buah kotak, beruang 2-4, cokelat kehitaman. Biji berbentuk segitiga, kecil, warnanya hitam. Akarnya akar tunggang. Yang dimaksud dengan herba leonuri atau i mu cao dan dikenal juga dengan nama chongwei adalah tanaman yang berkhasiat sama dari tanaman yang bernama L. sibiricus, L. heterophyllus, L. artemisia atau L. turkestanicus V. Krecz. et Kuprian.

Ginjean mempunyai nama lain bagi orang Sunda. Mereka menyebut Ginjean, padang derman, dendereman, seranting (Sumatera), ginjean, ginjeran (Jawa), gofu hairan roriha (Ternate), danlaranga kohori (Tidore).

Kandungan Kimia Ginjean

Tanaman Ginjean pada buahnya mengandung senyawa kimia antara lain, theveti A, thevetin B, peruvoside, neriifoline, ruvoside (theveneriine)perusitin, dan carberin. Bijinya mengandung thevetin A, cerberaside, thevebioside, neriivoline, cerberin, thevevolin, ruvoside, theveneriine, peruvoside, theveside, theveriside, vertiaflavone, dan eruvoside. Kulitnya mengandung peruvoside, neriifoline, dan lupeol acetate. Cabang akarnya banyak mengandung neriifoline dan thevevolin.

Khasiat Ginjean

Ginjean mempunyai rasa pahit dan pedas namun sejuk. Buahnya berasa manis, sejk, beracun. Bijinya terasa manis dan pedas. Dimana semuanya bisa juga untuk memperbaiki penglihatan, peluruh haid (emenagog), peluruh kencing (diuretik), dan melebarkan pembuluh darah (vasodilator).

Ramuan untuk hipertensi

Untuk minum: Seluruh bagian tanaman sekitar 1-30 gram, dan biji sebanyak 5-15 gram, lalu dua bahan tersebut direbus dan diminum.

Catatan:
  • Herba Ginjean tidak beracun, pemakaian lama tidak menimbulkan efek samping. 
  • Buahnya beracun. Pemakaian sebanyak 30 gram dapat menyebabkan keracunan dalam 4-6 jam. Tanda-tanda keracunan akan timbul dalam 12-48 jam setelah total pemakaian sebanyak 60-140 gram. 
  • Gejala keracunan buah ini adalah rasa lemah seluruh badan, kaki sukar digerakkan, rasa kering, dan rasa sesak di dada. Pada kasus yang sangat berat tampak keringat sangat banyak dan lemah tak berdaya. 
  • Wanita hamil dilarang memakai tanaman obat ini. 
Itulah kandungan dan khasiat tanaman Ginjean untuk kesehatan, yang salah satunya adalah untuk obat darah tinggi (hipertensi).

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top