Kandungan dan Khasiat Calincing untuk Menurunkan Darah Tinggi


Ngopo.com - Calingcing mempunyai nama latin Oxalis corniculata linn. Calincing biasa tumbuh liar pada tempat-tempat yang lembab, terbuka maupun yang teduh di sisi jalan atau lapangan rumput bersifat merayap atau tegak dan tingginya bisa mencapai 35 cm.

Calincing sendiri adalah sebutan dari Jawa, lainnya adalah mala-mala (Maluku), rempi, semanggen, semanggi gunung, cembicenan (Jawa), daun asam kecil lela, semanggi (Sumatera), dan cu jiang cao (Cina).

Di pulau Jawa tumbuhan ini terdapat dari pantai sampai pegunungan dengan ketinggian 3. 000 meter di atas permukaan laut. Mempunyai batang lunak dan bercabang-cabang. Daunnya majemuk menjari tiga yang anak daunnya berbentuk jantung dengan warna hijau muda. Bunga keluar dari ketiak daun, berwarna kuning berbentuk payung kecil-kecil. Buah berupa kotak lonjong, tegak, bagian ujungnya seperti paruh, bila sudah masak berwarna cokelat merah yang pecah bila disentuh.

Kandungan Kimia Calincing

Daun dan batang Calincing mengandung saponin dan polifenol. Keduanya berkhasiat sebagai penawar racun pada makanan.

Khasiat Calincing

Calincing bisa membantu mengobati beberapa penyakit, seperti demam, flu, hepatitis, diare, infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelemahan badan (neurasthenia), menghentikan perdarahan, dan peluruh haid.

Ramuan Untuk Hipertensi

Sediakan dan cuci bersih Calincing segar (30-60 gram). Kemudian, rebuslah dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas. Stelah dingin, saring dan tambahkan sedikit madu. Minumlah setiap pagi dan sore.

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top