Inilah Kandungan dan Khasiat Mondokaki Sebagai Obat Hipertensi


Ngopo.com - Mondokaki nama latinya adalah Ervatamia divaricata [L.] Burk. Mondokaki berasal dari India, tersebar dikawasan Asia Tenggara serta kawasan tropis lainnya, dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 400 m di atas permukaan laut. Perdu tegak yang banyak bercabang, tinggi 0, 5-3 m, batang bulat berkayu, mengandung getah seperti susu.

Daun tunggal, tebal seperti kulit, letak berhadapan, 9 bertangkai pendek. Helaian daun Mondokaki bentuknya bulat telur memanjang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, permukaan alas licin mengkilap, tulang daun menyirip, panjang 6-15 cm, lebar 2-4 cm, warnanya hijau. Tangkai bunga keluar dari ketiak daun, satu atau sepasang, pendek dengan beberapa bunga. Bunga biasanya dobel, warnanya putih dengan bagian tengah berwarna kuning, diameter 5 cm, wangi.

Buahnya buah kotak, bulat panjang, berbulu. Biji berdaging, berselaput, warnanya merah. Tanaman ini mempunyai akar tunggang, bentuknya silindris, diameter 1-5 cm, warnanya kuning, permukaan luar bergabus tipis dan tidak mudah terkelupas. Perbanyakan dengan stek atau cangkok.

Nama lain dari Mondokaki adalah, bunga wari (Jawa), bunga nyingin (Nusa Tenggara), dan kembang mentega, kembang susu (Sunda).

Kandungan kimia Mondokaki

Kulit batang dan akar Mondokaki mengandung tabernaemontanin, koronarin, koronandin, dregamin, vobasin, korin, kortin, lupeol, dan tanin.

Khasiat Mondokaki

1. Daun, bisa menyembuhkan bisul, batuk berdahak, radang kelenjar payudara, digigit anjing gila, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan terkilir.

2. Getah daunnya bisa mengatasi radang mata, kekeruhan kornea, dan mencegah timbulnya radang pada luka.

3. Akar bisa digunakan untuk mengobati tenggorokan bengkak dan sakit, batuk, tulang patah (fraktur), sakit gigi, cacing keremi, diare, dan gigitan binatang berbisa seperti Kalajengking.

Ramuan untuk hipertensi

Rebus 15-25 gram Mondokaki, lalu airnya diminum.

Nah, itulah kandungan dan khasiat mondodaki untuk kesehatan terutama sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi, semoga bermanfaat.

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top