Inilah Kandungan dan Manfaat Bunga Siantan Yang Perlu Kamu Ketahui


Ngopo.com - Siantan nama latinnya asalah Ixora stricter Roxb. Biasanya ditanam sebagai tanaman hias dan dipakai untuk bunga sembahyang agama Budha. Tanaman perdu tegak ini tingginya sekitar 1-2, 5 m, berbatang cokelat kehitaman, banyak bercabang, cabang muda berwarna cokelat kemerah-merahan.

Daun tunggal, letak berhadapan bersilang, tangkai daun sangat pendek, bulat telur sungsang sampai jorong, tepi rata, warna daun hijau tua, daun muda di ujung tangkai berwarna merah kecokelatan, permukaan daun mengkilat, bagian ujung dan pangkal daun runcing, panjang 6-13 cm, dan lebar 3-4 cm.

Bunga berupa bunga majemuk berbentuk malai rata, warna oranye, tumbuh di ujung tangkai. Buah bulat, penampang 7-8 mm, merah ungu.

Kandungan kimia Siantan

Tanaman ini mempunyai efek manis, sejuk, hipotensif, dan mampu mengecilkan bekuan darah. Selain itu, tanaman Siantan mempunyai sifat analgesik, yaitu sifat farmakologis yang bisa menghilangkan rasa sakit. Akar tanaman Siantan memiliki kandungan minyak aromatik, ditambah dengan komposisi tannin dan asam lemak. Daun Siantan mempunyai beberapa kandungan zat kimia, di antaranya kaemferol, quercetin, proanthocyanidins, asam fenolik and asam ferulik. Untuk bunganya, tanaman ini mengandung cyanidin dan flaconboids.

Khasiat Siantan

Di antara khasiat Siantan adalah mengatasi haid, hipertensi, mengecilkan bekuan darah (reduce hematoma), dan menghilangkan sakit (analgesik).

Ramuan untuk hipertensi

Ambil 10-15 gram Siantan, direbus dengan air secukupnya. Lalu diminum setelah agak dingin.

Itulah kandungan dan manfaat Bunga Siantan untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top