Khasiat Jamur Kayu Untuk Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)


Ngopo.com - Pada artikel kali ini kita akan membahas herbal dari jenis tumbuhan jamur, khususnya jamur kayu. Jamur kayu ini dalam bahasa latin disebut Ganoderma Lucidum [Leyss.ex Fr.] Karst. Jamur yang satu ini biasa tumbuh liar, dan terkadang dibudidayakan. Badan buah bertangkai panjang yang tumbuh lurus ke atas, topi dari badan buahnya menempel pada tangkai tersebut, bangun setengah lingkaran dan tumbuh mendatar. Badan buah menunjukkan lingkaran-lingkaran yang merupakan batas periode pertumbuhan, tepi berombak atau berlekuk, sisi atas dengan lipatan-lipatan radier, warnanya cokelat merah keunguan, mengkilat seperti lak. Berumur beberapa tahun dengan tiap-tiap kali membentuk lapisan-lapisan himenofora baru. Jamur kayu biasa disebut oleh orang Sunda dengan supa sinduk.

Kandungan Kimia Jamur Kayu

Jamur Kayu mempunyai rasa yang manis sedikit pahit, hangat, dan tidak beracun. Menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, aphrodisiak, menambah nafsu makan (stomakik), penenang (sedatif, obat batuk (antitusif), dan menghilangkan sesak (antiasthmatic).

Jamur Kayu mempunyai kandungan ergosterol, coumarin, fungallysozyme, asam protease, protein yang larut dalam air, asam amino, polypeptidase dan saccharida, serta beberapa macam mineral seperti natrium (Na), calcium (Ca), zinc (Zn), copper (Co), dan mangan (Mn).

Khasiat Jamur Kayu

Diantara kemampuan Jamur Kayu dalam mengatasi beberapa penyakit adalah, mengobati badan terasa lemah (neurasthenia), pusing, rasa lemah akibat sakit lama, sukar tidur (insomnia), bronkhitis kronis, asma, silicosis, hepatitis, tekanan darah tinggi, sakit jantung koroner (coronary heart disease),  kolesterol tinggi (hipercholesterolemia), sakit lambung (gastritis), tidak nafsu makan (anoreksia), rematik sendi (Rheumatic arthritis), dan menunda ketuaan.

Ramuan untuk hipertensi Rebuslah Jamur Kayu sebanyak 15 gram dengan empat gelas air bersih dalam periuk tanah sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin disaring dan airnya ditambahkan satu sendok makan madu. Aduk sampai rata, lalu diminum sehari dua kali, tiap kali minum sebanyak satu gelas.

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top