Ternyata Inilah Manfaat Mahoni untuk Kesehatan Manusia


Ngopo.com - Mahoni mempunyai nama latin Swietenia mahagoni jacq. Pohon Mahoni banyak ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung. Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini,  tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai. Pohon ini bisa mencapai tinggi 25 m,  berakar tunggang,  batangnya bulat,  banyak bercabang dan kayunya bergetah. Daunnya daun majemuk menyirip genap,  helaian daun bentuknya bulat telur,  ujung dan pangkal runcing,  tepi rata,  tulang menyirip,  panjang 3-15 cm. Daun muda berwarna merah,  setelah tua warnanya hijau.

Bunga Mahoni bunganya majemuk tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Ibu tangkai bunga silindris,  warnanya cokelat muda. Kelopak bunga lepas satu sama lain,  bentuknya seperti sendok,  warnanya hijau. Mahkota silindris,  kuning kecokelatan,  benang sari melekat pada mahkota,  kepala sari putih,  kuning kecokelatan. Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Buahnya buah kotak,  bulat telur,  berlekuk lima,  warnanya cokelat. Biji pipih,  warnanya hitam atau cokelat. Mahoni merupakan pohon penghasil kayu keras dan digunakan untuk keperluan perabot rumah tangga serta barang ukiran. Pengembangbiakan dengan biji.

Kandungan kimia Mahoni

Penelitian buah Mahoni untuk digunakan sebagai vitamin dan obat-obatan pertama kali dilakukan oleh ahli biokimia,  DR. Larry Brookes,  pada tahun 1990-an. Buah Mahoni ini mengandung flavonoid dan saponin.

Dengan flavonoid yang dikandungnya berguna untuk melancarkan peredaran darah,  terutama untuk mencegah tersumbatnya saluran darah,  mengurangi kadar kolesterol dan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah,  membantu mengurangi rasa sakit,  pendarahan,  dan lebam,  serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas.

Saponin berguna mencegah penyakit sampar,  mengurangi lemak tubuh,  meningkatkan sistem kekebalan,  memperbaiki tingkat gula darah,  serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

Menurut pengobatan Cina,  tanaman ini memiliki sifat pahit,  dingin,  anti piretik (penurun panas),  antijamur,  dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi,  mengatasi hipertensi,  gangguan gula darah,  kurang nafsu makan,  demam,  dan membantu menjaga daya tahan. Tanaman ini juga memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan),  dapat mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus,  sehingga menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah.

Khasiat Mahoni

Tidak rumit membuat ramuan berbahan dasar serbuk Mahoni,  cukup mencampurnya dengan air,  yakni:

1. Untuk mengobati tekanan darah tinggi,  ambil setengah sendok teh serbuk biji Mahoni dan segelas air panas. Tambahkan satu sendok makan madu,  diaduk hingga rata,  setelah hangat lalu diminum. Atau dengan menyediakan 8 gram biji Mahoni segar diseduh dengan dua gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi dua bagian,  diminum pagi dan sore. Atau bisa juga setengah sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas,  tambahkan satu sendok makan madu. Minum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Bagi penderita gangguan gula darah,  ramuannya sama dengan hipertensi,  dan sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan.

3. Untuk masuk angin dan penambah stamina,  ramuannya juga sama,  tetapi dapat ditambahkan jahe.

4. Untuk kencing manis,  setengah sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Diamkan selama beberapa jam agar zatnya yang berkhasiat larut dalam air. Saring lebih dahulu sebelum diminum. Diminum selagi hangat,  30 menit sebelum makan. Lakukan 2-3 kali sehari. Walaupun air seduhan biji Mahoni rasanya pahit,  minumlah apa adanya. Jangan ditambah madu atau gula.

5. Untuk menambah nafsu makan,  setengah sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Tambahkan satu sendok makan madu. Minum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

6. Untuk mengatasi demam dan masuk angin,  setengah sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan sperempat cangkir air panas. Tambahkan satu sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

7. Untuk eksema dan rematik,  setengah sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan satu sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan tiga kali sehari.

Ramuan untuk hipertensi

1. Sediakan 8 gram biji Mahoni segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum di waktu pagi dan sore hari.

2. 1/2 sendok teh serbuk biji Mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas,  tambahkan satu sendok makan madu. Minum selagi hangat,  lakukan 2-3 kali sehari.

Sumber:
Bebas Hipertensi Seumur Hidup Dengan Terapi Herbal, Penulis Nur Kholish

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top