Tips Biar Cepat Hamil


Ngopo.com - Kehamilan seorang istri adalah proses yang sangat didambakan oleh pasangan suami istri yang belum dikaruniai keturunan. Namun tidak sedikit diantara mereka yang mengalami kesulitan atau keterlambatan untuk segera hamil, padahal mereka telah berusaha dengan banyak cara dan tips biar cepat hamil agar mereka segera mendapatkan momongan.

10 Tips Biar Cepat Hamil


Berikut kami ulas 10 Tips Biar Cepat Hamil. Tips-tips berikut ini berdasarkan pengalaman kami dan saran dari seorang dokter spesialis kandungan. Semoga dapat membantu.

1.  Perbaiki hubungan Anda dengan Allah dan sesama manusia

Sebelum Anda berusaha lebih lanjut biar segera hamil, pastikan Anda memperbaiki hubungan dengan Allah Rabb semesta alam dan dengan sesama manusia. Bila Anda kurang peduli dengan aspek religius ini, maka usaha apapun yang Anda lakukan tidak akan membuahkan hasil. Aspek religius ini sangatlah penting. Allah Subhana Wa Ta'ala sering menunjukkan kebesaran-Nya pada orang-orang yang diinginkan-Nya. Dan keajaiban sering terjadi pada orang-orang yang memiliki aspek religius ini.

2.  Periksakan kesehatan Anda kepada dokter

Periksakan segera kondisi kesehatan Anda Berdua (suami istri) kepada dokter ahli mencakup kesehatan tubuh Anda berdua, sistem reproduksi, tingkat kesuburan dan lain-lain. Ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui apakah sebenarnya Anda berdua memenuhi syarat atau tidak untuk bisa hamil. Hasil pemerikasaan ini akan menentukan langkah apa yang mesti ditempuh agar Anda bisa hamil.

3.  Lakukan hubungan intim pada masa subur istri

Masa subur adalah saat-saat dimana sel telur pada seorang wanita telah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma (dari seorang laki-laki). Saat sel telur telah matang ia akan keluar dari ovarium (indung telur) menuju tuba falopi (ujung saluran telur). Disinilah sel telur menunggu kehadiran sel sperma untuk dibuahi. Sel telur berada dalam tuba falopi selama kurang lebih 3-4 hari namun hanya sampai umur 2 hari masa yang paling baik untuk dibuahi, setelah itu mati. Oleh karena itu, Hubungan intim pada masa subur ini sangat berpeluang untuk terjadinya kehamilan (pembuahan). Sebaliknya untuk menghindari kehamilan jauhi hubungan intim pada masa subur ini.

4.  Gunakan posisi hubungan intim yang tepat

Banyak pakar kesuburan yang berpendapat bahwa posisi pria di atas saat berhubungan badan memberikan peluang terbaik bagi terjadinya kehamilan. Agar lebih efektif, wanita bisa mengganjal pinggulnya dengan bantal sehingga serviks-nya bisa menampung banyak sperma. Usahakan setelah ejakulasi antar pasangan terjadi, selama 10-20 menit agar wanita tetap dalam posisi berbaring. Janganlah beranjak dulu dari sikap tiduran ini karena dalam menit waktu ini cairan semen akan mencair, dan jika wanita bangkit cairan semen akan mengalir kembali ke vagina dan suasana asam membuat sperma melemah dan mati. Hal ini juga merupakan suatu supaya agar kesuburan seorang wanita dapat terjaga dengan baik.

5.  Hadirkan suasana santai saat berhubungan

Kegiatan berhubungan suami isteri ini selayaknya dilakukan dalam suasana yang santai dan juga romantis. Saat masa subur tiba dan direncanakan untuk berhubungan intim, sediakanlah waktu yang cukup. Jika selesai aktifitas dari suatu pekerjaan, istirahatlah terlebih dahulu untuk memberi waktu menyegarkan tubuh. Mandi bisa jadi suatu cara agar tubuh menjadi segar kembali. Jagalah mood dan bersikaplah santai, jangan terlalu stres dalam melakukan hubungan seksual, misalnya memikirkan apakah”kegiatan” kali ini akan membuahkan suatu kehamilan.

6.  Tingkatkan kualitas sperma suami

Sperma yang berkualitas akan mudah untuk membuahi sel telur. Karena itu pastikan Anda mempunyai sperma yang berkualitas agar tidak menghambat terjadinya pembuahan. Ciri-ciri sperma yang bagus antara lain berwarna  putih atau abu-abu kadang-kadang berwarna kekuningan, terasa lengket seperti jelly, volume normalnya saat ejakulasi adalah 2-5 ml atau sekitar 1, 1-2 sendok makan, dalam setiap 1 ml air mani mengandung 20 juta sel sperma. Untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan menghindari atau menghentikan rokok, olahraga teratur seperti aerobic dan bukan olahraga berat, menghindari celana ketat. Usahakan pada malam hari saat mau tidur tidak menggunakan celana dalam agar sirkulasi darah menuju pusat reproduksi makin lancar, jangan terlalu lama duduk, dan hindari alkohol.

7.  Konsumsi makanan peningkat kesuburan

Berikut ini adalah makanan-makanan yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan baik untuk laki-laki maupun wanita.

Vitamin B6 adalah salah satu nutrisi yang mutlak diperlukan karena vitamin B6 adalah pendukung dan pengatur hormon reproduksi. Vitamin B6 ini banyak terdapat pada : sayuran hijau , kacang-kacangan, kecambah (tauge), sereal, beras, gandum, roti.

Asam Folat. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin. Asam folat terkandung dalam : sayuran berdaun hijau, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri, jus jeruk. Tersedia pula dalam bentuk tablet siap minum yang bisa anda dapatkan di apotik terdekat.

Vitamin C Termasuk unsur penting untuk peningkat kesuburan, terutama bagi para calon ayah. selain itu, vitamin C juga berperan meningkatkan kekebalan tubuh, faktor pendukung yang di butuhkan  bila kehamilan terjadi. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, mangga dan buah-buahan lainnya.

Zat Besi (Fe). Calon ibu yang mengalami anemia termasuk dalam kasus sulit hamil. Karena itu zat besi sebagai unsur peningkat jumlah sel darah merah termasuk unsur yang penting dibutuhkan. Zat besi banyak terdapat pada : hati, daging sapi, daging kambing, daging ayam, kacang-kacangan, sayur hijau (terutama bayam).

Zat Seng (Zinc). Zat ini berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. umumnya terdapat pada : kerang, kuning telur, daging merah, biji-bijian (sereal, gandum), kacang-kacangan.

8.  Terapkan pola hidup sehat dan teratur

Pola hidup seseorang akan sangat mempengaruhi pada kesuburannya. Bila Anda termasuk orang yang berharap dapat segera hamil dan ingin segera punya momongan, terapkan pola hidup sehat dan teratur agar Anda tetap berada dalam kesuburan yang baik. Biasakan berolahraga minimal seminggu sekali untuk memastikan Anda tetap sehat. Hindari alkohol dan asap rokok karena jelas zat-zat yang terkandung di dalamnya akan memperburuk kesuburan Anda. Biasakan tidur dengan teratur sesuai jadwal agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Makanlah makanan bergizi dan seimbang terutama makanan yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesuburan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jaga berat badan Anda, jangan kelebihan ataupun kekurangan. Kelebihan berat badan (obesitas) dapat mempersulit pada kehamilan, begitu juga sebaliknya bila Anda kekurangan berat badan.

9.  Pantaskan diri Anda untuk siap memiliki seorang anak

Ini aspek psikologis dan sosial yang tak kalah pentingnya agar Anda dapat segera hamil. Sebelum Anda memiliki seorang anak atau buah hati, pantaskan diri Anda benar-benar telah siap untuk memiliki seorang anak. Milikilah rasa kasih sayang pada bayi-bayi, balita atau anak-anak kecil yang berada di sekitar Anda. Lengkapi diri Anda dengan pengetahuan-pengetahuan seputar merawat bayi dan membesarkan anak. Persiapkan juga segala kebutuhan yang nanti akan diperlukan bila sudah mempunyai anak. Banyak orang mengatakan “anak adalah titipan Allah” Jadi Anda lakukan ini semata-mata agar Anda segera dipercaya Allah untuk dapat mengemban amanah (titipan) dari Nya.

10.  Berdo’a dan Bertawakallah

Do’a adalah kekuatan umat manusia, doa merupakan senjata bagi orang beriman. Segala usaha yang kita lakukan untuk mencapai sesuatu tentunya tidak akan terwujud tanpa adanya kehendak Sang Pencipta. Oleh karenanya berdo’a dan bertawakkal lah pada Allah Subhana Wa Ta'ala agar segala harapan dan impian Anda dapat segera terwujud. Manusia hanya bisa berencana dan berusaha, Tapi Allah lah yang menentukan segalanya.

Tanamkan keyakinan bahwa jika Allah menghendaki Anda mempunyai anak maka tidak akan ada yang bisa menghalangi dan Anda pasti punya anak, meski seluruh dokter di dunia mengatakan tidak mungkin. Begitu juga sebaliknya jika Allah tidak berkehendak maka Anda pun tidak akan mempunyai anak. Maka Senantiasa berdoa, tawakkal, dan bersabarlah hingga Allah memutuskan. Dan yakinlah bahwa semua ketetapan Allah adalah yang terbaik untuk Hamba-hamba Nya.

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top