Tips Jitu Agar Anak Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua

Ngopo.com - Keluarga yang memiliki anak-anak kecil usia sekolah tentu pernah mengalami bagaimana sulitnya mengelola perilaku anak. Tak jarang orang tua mesti meninggikan volume suara supaya instruksi didengarkan dan dilakukan oleh anak.

Cara ini justru akan membuat orang tua terjebak dalam problem besar. Anak tidak akan mendengar jika orang tuanya tidak berteriak. You must learn how to project your instructions, so you are heard without yelling.

Kami menggunakan cara seperti ini. Tuliskan sekuen aktivitas berdasarkan waktu untuk anak, lebih detail, lebih baik. Namun, untuk ibu yang bekerja, tulis aktivitas general saja karena sulit untuk memantau mereka sepanjang hari.

Bagi waktu ke dalam aktivitas pagi, pulang sekolah dan aktivitas malam. Tulis besar-besar di atas karton dan tempel didinding ruangan tempat anak sering beraktivitas sehingga mudah dilihat dan dibaca oleh mereka.

Reward diberikan sebagai bonus dari usaha mereka dan harus disepakati bersama. Pertimbangkan bentuk dan besaran reward serta jangka waktu penukarannya. Reward bisa berbentuk barang atau aktivitas yang disukai anak.

Proses ini akan melatih anak untuk meregulasi diri dan beradaptasi dengan aturan.




Nah, itulah tips jitu agar anak-anak mau mendengarkan perintah orang tuanya tanpa harus berteriak. Mulailah sejak dini sebelum terlambat agar tidak menyesal dikemudian hari karena anak sulit diperintah dan dinasihati. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda, selamat mempraktekkan.

Penulis: Miranty Novia

Artikel NGOPO.COM Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top