Inilah Yang Harus Kamu Lakukan Jika Smartphone Jatuh ke Dalam Air

Pernah nggak kamu cemas ketika tanpa sengaja smartphone yang kamu miliki jatuh ke dalam air? Pada umumnya, kita pasti akan merasa panik, apalagi jika smartphone tersebut baru kita beli, dan harganya mahal pula. Tapi sobat ngopo jangan khawatir, karena hari ini kita akan berikan tips-tips agar smartphone yang jatuh ke air tadi bisa menyala dan berfungsi kembali seperti semula.


Inilah hal yang perlu kamu perhatikan ketika smartphone kesayanganmu jatuh ke dalam air, berikut tipsnya:

1. Ambil segera smartphone kamu dari dalam air

Ketika smartphone kamu tanpa sengaja jatuh ke dalam air, maka segeralah ambil smartphone tersebut dari dalam air, karena semakin lama smartphone berada di air, semakin banyak air atau cairan yang masuk ke celah celah smartphone kamu. Jadi, jangan menunggu terlalu lama, sebab akibatnya bisa lebih fatal nantinya.

2. Jangan nyalakan dulu smartphone kamu

Langkah kedua adalah jangan langsung nyalakan smartphone kamu, dan jangan menekan tombol apapun, apalagi sampai membuka smartphone.

3. Pakailah kain kering untuk mengeringkan bagian luar smartphone

Langkah selanjutnya adalah, kamu bisa menggunakan kain kering atau handuk untuk mengelap smartphone kamu yang basah tadi, gunakan lap tersebut untuk mengeringkan bagian luar yang bisa dijangkau saja.

4. Lepaskanlah baterai, sim card, dan memori card

Selanjutnya setelah bagian luar smartphone kamu keringkan dengan lap, sekarang saatnya untuk membuka baterai, sim card dan memori card.

5. Keringkan bagian dalam smartphone dengan vacuum cleaner

Jika memang air sudah masuk ke bagian dalam smartphone kamu, silakan pakai semacam vacuum cleaner untuk menyedot air tersebut. Vacuum cleaner berfungsi untuk menyedot bagian dalam smartphone yang basah, keringkan secara menyeluruh, hingga tidak lagi ada air yang menetes. Jangan gunakan hair dryer, sebab hair dryer mengeluarkan angin yang bisa membuat air menjalar ke bagian inti smartphone.

6. Pasang kembali baterai, sim card dan memori card

Setelah bagian dalam di keringkan dengan vacuum cleaner, pasanglah kembali baterai, sim card dan memori card seperti semula.

7. Gunakan beras untuk menimbun smartphone

Gunakan beras untuk menyerap secara menyeluruh bagian smartphone yang masih basah. Mungkin terlihat aneh bagi kamu, namun ternyata beras ini sangat membantu menyerap cairan. Masukkanlah smartphone kamu selama 3 hari ke dalam beras, setelah 3 hari kamu bisa menghidupkannya kembali, dan lihat bagaimana tips sederhana ini bisa berguna untuk membuat smartphone kesayanganmu berfungsi kembali.

Namun, jika smartphone kamu tidak bisa menyala sama sekali, coba cas dulu smartphone kamu. Karena bisa jadi mungkin baterai kamu yang sudah rusak, silakan cek lagi, Kamu mungkin bisa menggantinya atau membiarkannya lebih lama lagi. Skenario terburuk adalah bawa ke ahlinya, atau reparasi telepon.

Demikian tips-tips yang harus dilakukan ketika smartphone kamu jatuh ke dalam air. Semoga bermanfaat. Terimakasih.