Penting! Agar Jantung Kamu Tetap Sehat, Lakukan 6 Langkah ini!

Ngopo.com - Jantung yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Tanda jantung yang sehat adalah adanya kerja jantung yang berdetak secara teratur, hal ini dapat diketahui jika kamu beraktifitas berat, jantung pun ikut berdetak lebih kencang. Fungsi jantung pada sistem organ manusia sangat vital yakni sebagai pemompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh manusia. Oleh karena itu jika fungsi jantung tersebut terganggu maka secara otomatis akan mengalami gangguan pada seluruh organ yang lainnya. Sakit jantung itu merupakan penyakit yang mematikan nomer 1 di dunia.


Oleh karena itu kamu agar jantung kamu tetap sehat maka kamu harus selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan jantung kamu dengan melakukan 6 langkah yang dikutip dari feed.id berikut ini :

1. Jam tidur

Tidur yang ideal adalah rata-rata enam sampai delapan jam perhari. Setidaknya enam jam tanpa gangguan, tidur berkualitas pada malam hari setiap malam tidak lebih dari sembilan jam. Ini berarti pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, serta bangun pada waktu yang sama.

Tidur yang cukup merupakan kunci kesehatan secara keseluruhan dan membantu sistem kekebalan tubuh secara baik. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kronis lainnya seperti obesitas.

2. Kegiatan sehari-hari

Kegiatan harian yang ideal adalah terdiri dari 10.000 langkah atau lebih. Artinya berjalan 10.000 langkah sehari adalah setara dengan melakukan sekitar 150 menit aktivitas normal per minggu.

NHLBI mengatakan aktivitas fisik secara teratur bermanfaat bagi kesehatan jantung, memperkuat otot jantung, menurunkan risiko penyumbatan arteri, dan membantu untuk mengontrol berat badan.

3. Kolesterol dan trigliserida

Ideal:

LDL - 100 atau kurang
HDL - 60 atau lebih
Trigliserida - 150 atau kurang

LDL atau kolesterol buruk dapat menyumbat arteri. HDL atau kolesterol baik adalah jenis yang menghilangkan hal buruk seperti racun di dalam tubuh. Trigliserida adalah lemak dikonversi dari kalori yang tidak terpakai yang mengalir dalam darah. Bila jumlahnya kurang, maka berisiko terkena penyakit jantung.

4. Tekanan darah

Tekanan darah yang ideal adalah kurang dari 120/80. Jumlah tekanan darah diastolik menunjukkan tekanan dalam arteri saat kontraksi dengan otot jantung, Menurut (AHA) angka tersebut menunjukkan tekanan detak jantungnketika jantung diisi dengan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya disebut "silent killer" atau membunuh secara diam-diam karena biasanya penyakit ini tidak menimbulkan gejala.

Menurut AHA bila penyakit ini tidak diobati tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit membahayakan, seperti, penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung kongestif,kerusakan ginjal, kehilangan penglihatan, hilang ingatan, terdapat cairan di paru-paru, nyeri dada, serta penyempitan arteri di lengan, kaki, perut dan kepala.

Satu kali saja tekanan darah meningkat akan membawa pada kasus hipertensi. Di mana tekanan darah sistolik melonjak ke 180 atau lebih atau diastolik akan mencapai 110 atau lebih.

5. Porsi buah dan sayuran

Porsi buah dan sayuran yang ideal adalah lima hingga sembilan porsi per hari. Menurut AHA satu porsi buah cukup untuk menjaga kesehatan jantung. Seperti 1/2 cangkir jus apel segar, 1/4 cangkir buah kering atau 1/2 cangkir jus buah alami.

Satu porsi sayuran adalah satu cangkir sayuran berdaun mentah, 1/2 cangkir sayuran segar, sayuran beku atau kalengan, atau 1/2 cangkir jus sayuran. AHA merekomendasikan mengisi setidaknya setengah piring kamu dengan buah-buahan dan sayuran setiap kali kamu makan.

Sayuran dan buah-buahan mengandung nutrisi yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

6. Indeks massa tubuh (BMI)

BMI yang ideal adalah kurang dari 25, The National Heart, Lung, dan Blood Institute (NHLBI) mendefinisikan indeks massa tubuh sebagai ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan.

BMI yang pas 25 atau lebih tinggi dianggap kelebihan berat badan, menurut NHLBI. Sebuah BMI 30 atau lebih tinggi sudah dianggap obesitas. Semakin tinggi BMI kamu, semakin besar risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi serta masalah kesehatan lainnya.

Lingkar pinggang merupakan indikator kesehatan jantung. Jika sebagian besar lemak kamu di perut, sangat berisiko lebih tinggi terserang penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

Itulah 6 langkah agar jantung tetap sehat, semoga semoga dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Karena pencegahan adalah hal terbaik daripada pengobatan.

Baca juga:
Luar Biasa! Ternyata Ada Banyak Manfaat Hujan-Hujanan Bagi Kesehatan
20 Bahaya Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan, Mengerikan!
Inilah 8 Alasan Minum Air Hangat Lebih Sehat Daripada Air Dingin
Sembuhkan Darah Tinggi Dengan Ramuan Boroco
Inilah Manfaat Luar Biasa Alpukat yang Jarang Diketahui